TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kunjungan Menteri Kesehatan Diwilayah Kab. Merauke

By 02 Feb 2016 06:51Kodam XVII/Cenderawasih
photo_2016-02-02_07-28-39

Kedatangan Menteri Kesehatan (Menkes) Prof.Dr.Nila Djuwita Farid Moelek. Spm dalam kunjungan kerja di wilayah Kab. Merauke, Menkes langsung mengunjungi RSUD Merauke dimana kunjungan ini didampingi oleh Dr. Stevanus Osok selaku kadis kesehatan Kab. Merauke.

Kunjungan kerja Prof.Dr.dr. Nila tidak hanya dilakukan ke RSUD Merauke. Tapi juga mengunjungi SD Don Bosco Budhi Mulia Merauke dan Akademi Perawatan Merauke.

Dalam kesempatan ini Menkes menyampaikan serta menekanan bahwa kebersihan dilingkungan rumah sakit (RSUD-Merauke) harus dijaga dan tingkatkan lagi. Untuk pelayanan BPJS, saya mengecek secara langsung dan saya lihat sudah baik , untuk pelayanan di RSUD juga cukup baik, saya harap tingkatkan lagi untuk kebersihan lingkungan dan perbaiki dibidang obat-obat.

Selesai berkunjung di RSUD Merauke, Prof. Dr. Dr Nila melanjutkan kunjungan ke SD YPPK Merauke untuk memberikan bantuan kaca mata sebagai aksi sehat Indonesia yang disponsori oleh PT. ASTRA Internasional kepada siswa siswi di 38 Sekolah Dasar se Kab. Merauke, selain kaca mata Menkes juga membagikan laptop untuk bantuan pendidikan yang diberikan kepada setiap Sekolah Dasar di Kab. Merauke.

Sebelum penyerahan bantuan di SD YPPK-Merauke Menkes menyampaikan bahwa indeks pembangunan manusia harus lebih dimajukan, selain itu perlu diingat bahwa kesehatan mencakup fisik mental dan spiritual karena kalau kita tidak menjaga kwalitas kita sendiri siapa lagi.

Sama halnya kesehatan mata, memang tidak terlihat dan biasa anak-anak kita disaat belajar atau membaca orang tua dan guru tidak memperhatikan kemampuan mata si anak, jadi akan mengakibatkan si anak akan mengalami rabun jauh dan rabun dekat atau rabun warna, jadi para orang tua perhatikan disaat anak belajar maupun membaca karena itu akan berdampak kedapa kwalitas diri secara fisik.

Selain tentang mata, Saya melihat Geografis papua sangat sulit, saya berharap dalam kondisi seperti ini Pemda maupun masyarakat saling bekerja sama dalam pendistribusian obat obatan ke Kampung terpencil.

Manusia itu harus sehat, karena dengan sehat kita bisa beraktifitas, tanpa kesehatan semua tidak bisa berjalan dengan baik. Selain itu PMI juga harus membantu pendistribusian darah apabila di Puskesma yang berada diperkampungan terpencil sangat membutuhkan suplay darah bagi masyarakat yang membutuhkan karena ini mengenai nyawa manusia.

Harus diketahui bersama bahwa awal mula penyakit berasal dari lingkungan yang kurang bersih dan nyaman dan kita semua khususnya orang tua agar sesering mungkin mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan bagi anak-anaknya, karena itu, sangat baik buat perkembangan otak anak.

Selesai sambutan Prof.Dr.dr.Nila atau Menkes menyerahan kaca mata secara simbolis kepada 4 siswa-siswi sebagai perwakilan dan Menyerahan laptop serta pemberiam cendramata kepada Menteri Kesehata dan Pemda Merauke dari PT.ASTRA.

Selesai pemberian bantuan kepada SD se Kab. Merauke, Menkos melanjutkan kunjungan ke Akademi Keperawatan Merauke untuk meninjau langsung fasilitas alat kesehatan dan laboratorium bagi siswa Akper untuk mendukung dalam melaksanakan prakter. Dalam kesempatan kunjungan ini, Menkes menyampaikan serta memaklumi mininya alat poltekes untuk pendistribusian kesetiap Puskesmas yang berada didaerah terpencil.

Ditambah pendistribusi SDM sejak era reformasi semakin sulit, seperti halnya dokter, untuk penempatan masih banyak kemauan sendiri. Semua yang ada dikesehatan adalah riil dalam kehidupan sehari hari, untuk itu kita semua harus bisa menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Apabila air puskesmas sulit, harus diajukan kepusat agar dipikirkan solusinya. Manusia indonesia dalam kehidupan sehari hari 80 % sakit dan 20 % sehat. Selain itu nanti kita akan kaji ulang untuk insentif tenaga medis supaya diperbaharui agar memberikan semangat dalam bekerja, Ucap Prof.Dr.dr.Nila selaku Menteri Kesehatan.

Hadir dalam mendampingi kunjungan kerja Menteri Kesehatan diKab. Merauke antara lain Dr.elvanus S.Pog ( Kepala Dinas Kesehatan Provinsi ), Ishak Tukayo S.kep M.Si ( dir Politeknik Kesehatan Provinsi Papua ), Dr.Usman Sumantri M.Si ( Kepala Badan Pengembangan SDM Papua ), Drs.daniel pauta ( Sekda Kab. Merauke ), Kol Pnb Widyargo, SE ( danlanud merauke ), Mayor Inf Lambert J Mailoa ( Kasdim 1707/merauke ), Kompol Muksin, SH. ( wakapolres merauke ), Mayor Laut ( K ) Agung ( Karumkitban lantamal XI/merauke ) dan Pongky Pamungkas ( Kepala PT ASTRA INTERNATIONAL ).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kunjungan Menteri Kesehatan Diwilayah Kab. Merauke