Skip to main content
Kodam Iskandar Muda

Latihan Bidik Kering, Tingkatkan Kualitas Menembak Prajurit

Dibaca: 209 Oleh 25 Feb 2016Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Bireuen. Memelihara dan meningkatkan kemampuan menembak prajurit merupakan upaya dalam pembinaan satuan dalam rangka mendukung tantangan tugas yang semakin komplek, salah satunya dengan melaksanakan menembak  dengan metode driil kering acu bidik yang rutin dilaksanakan oleh prajurit Yonif 113/Jaya sakti di sela-sela kegiatan minggu militer.

Sebanyak 100 orang prajurit Yonif 113/JS melaksankan latihan menembak drill kering acu bidik di lapangan Tembak Markas Yonif 113. Rabu (24/02/16) usai kegiatan apel pagi.

Pasi 2/Ops Yonif 113/JS Lettu Inf Simon F Pasaribu mengatakan, kegiatan yang rutin dilaksanakan selama 30 menit usai pelaksanaan apel pagi tersebut selain memelihara dan meningkatkan kemampuan menembak anggota, juga untuk menghadapi perlombaan peleton tangkas Kodam dan TNI AD.

Kegiatan menembak bukan hannya sekedar menarik picu dan mengenai saasaran, namun sesungguhnya membutuhkan proses yang teliti mulai dari membuat gambar bidik, mengatur nafas dan menentukan ritme dalam menarik picu hingga peluru tepat menuju sasaran yang di inginkan.

Melalui metode driil kering acu bidik ini sangat baik untuk meningkatkan kemampuan menembak prajurit, dengan latihan rutin seperti ini teknik mengambil gambar bidik, teknik mengatur nafas dan cara menarik picu senjata prajurit akan semakin terasah, dan tentunya prajurit akan lebih mengenal karakter senjata masing-masing.

Baca juga:  Kodim 0104/Aceh Timur Terima Tracktor dari Kementan  

Dengan teknik tersebut yang terus berulang-ulang, dapat diyakini  prajurit akan dapat dengan cepat memiliki kemampuan menembaknya hingga tingkat mahir.

Untuk melakukan proses tersebut, dibutuhkan persiapan fisik, mental dan bakat serta keahlian khusus. Perawatan senjata juga harus diperhatikan, senjata harus dalam keadaan bersih sebelum, saat dan sesudah latihan menembak agar mekanisme kerja senapan tetap terawat dengan baik.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel