TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Meriahkan Hari Kasih Sayang di Puncak Jaya, Yonif Raider 509 Kostrad Mengadakan Pembagian Alat Tulis dan Pengobatan Massal Gratis

By 15 Feb 2016 07:16Kostrad
Dansatgas Menyerahkan Alat Tulis kepada Siswa TK

Puncak Jaya, Papua.    Dalam rangka memeriahkan suasana Hari Kasih Sayang, Satgas Pamrahwan (Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan) Papua dari Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 509 Kostrad dibawah pimpinan Mayor Inf Beny Setiyanto selaku Komandan Batalyon (Danyon) sekaligus Komandan Satgas (Dansatgas) memberikan bantuan alat tulis kepada para siswa dan pengobatan massal di Kota Mulia, Kabupaten Puncak Jaya. Menurut Dansatgas, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mempererat Kemanunggalan TNI-Rakyat di Wilayah Kota Mulia, Puncak Jaya, Papua.

Pemberian sumbangan alat tulis kepada para siswa di Kabupaten Puncak Jaya secara simbolis diserahkan kepada siswa dan Kepala Taman Kanak-kanak Khatolik Anggrek Mulia pada tanggal 12 Februari 2016. Menurut Dansatgas, “Pemberian sumbangan berupa alat tulis ini sebagai kado kasih sayang dari TNI kepada para siswa yang dimaksudkan untuk mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan pendidikan khususnya di wilayah Kabupaten Puncak Jaya, dimana alat tulis yang kami berikan ini sudah kami siapkan dari satuan asal kami di Jember, Jawa Timur. Pemberian sumbangan alat tulis dapat menumbuhkan motivasi siswa untuk datang belajar di sekolah disamping itu diharapkan dapat menjadi jembatan kedekatan antara siswa dan anggota TNI pada umumnya dan khusunya Satgas Yonif Raider 509 Kostrad, sehingga dapat menciptakan citra TNI yang bersahabat dan menyenangkan serta dikagumi di kalangan para siswa”. Dalam penyerahannya, Dansatgas didampingi oleh Pasi Intel Lettu Inf Sujito dan Perwira Topografi Lettu Ctp Yudhi Prayitno.

“Kami para Guru beserta Siswa-Siswi sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Satgas Yonif Raider 509 Kostrad, karena dengan adanya alat tulis baru ini dipastikan dapat meningkatkan semangat para siswa untuk belajar dan bersekolah,” kata Ibu Resty selaku kepala Taman Kanak-kanak Khatolik Anggrek Mulia. “Kami juga berharap hubungan yang baik ini tidak terputus dan dapat terus terjalin hingga akhir penugasan Yonif Raider 509 Kostrad, dalam rangka meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Kabupaten Puncak Jaya” tambahnya.

Pada kesempatan berbeda namun masih dalam suasana kasih sayang (Valentine) Satgas Yonif Raider 509 Kostrad melaksanakan Pengobatan Massal di Kampung Wuyuneri Distrik Mulia Kabupaten Puncak Jaya tepatnya di Pos Kesehatan Kampung Wuyuneri yang dibuka langsung oleh Dansatgas dimana kegiatan pengobatan tersebut dipimpin langsung oleh Lettu Ckm dr. Arnov Lahira Eriskan selaku Dokter Satgas Yonif Raider 509 Kostrad dibantu Tim Kesehatan Satgas bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Puncak Jaya dan Ikatan Forum Dokter Puncak Jaya. Pengobatan massal ini ditujukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Papua dan upaya territorial dari Satgas Pamrahwan Yonif 509/R. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, tidak kurang dari 350 pasien dari berbagai usia datang untuk mendapatkan pemeriksaan serta pengobatan gratis dari Tim Kesehatan. “Satgas akan memberdayakan semaksimal mungkin tenaga kesehatan dan obat-obatan yang dimiliki untuk membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat disini”, kata Dansatgas Yonif Raider 509 Kostrad. Menurut Dokter Satgas, “Sebagian besar penyakit yang diderita oleh masyarakat adalah ISPA (infeksi Saluran Pernafasan), nyeri pada persendian, nyeri kepala, demam, gatal-gatal serta luka-luka dan sebagian besar masyarakat masih kurang tingkat kesadarannya akan pentingnya hygienitas diri dan sanitasi lingkungan, sehingga mereka mudah untuk terkena penyakit”.

Kegiatan pengobatan massal ini rencananya akan diadakan secara rutin dan terus menerus di wilayah Kab. Puncak Jaya dan di penugasan Yonif Raider 509 Kostrad di wilayah Sorong, Manokwari dan Enarotali demi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Papua dan mempererat hubungan dan tali silahturahmi  antara Satgas Yonif Raider 509 Kostrad dengan masyarakat Papua sebagai perwujudan Kemanunggalan TNI dan rakyat serta menyukseskan program serbuan territorial yang telah dicanangkan oleh Panglima TNI.

Menurut Bapak Pendeta Kagaban Talenggen selaku tokoh masyarakat dan Agama di wilayah Wuyuneri mengatakan bahwa kehadiran Pasukan TNI yang tergabung dalam Satgas Pamrahwan Papua Yonif Raider 509 Kostrad sangat membantu kebutuhan masyarakat, baik itu pelaksanaan pengobatan gratis sampai pembangunan dan perbaikan fasilitas kesehatan. “Terima kasih banyak kepada Komandan Batalyon dan prajurit Yonif Raider 509 Kostrad yang telah banyak membantu masyarakat, pasukan 509 sangat mengesankan, dimana keramahan, dan berbagai upaya bantuan yang diberikan sangat membantu kami disini. Kegiatan seperti ini adalah yang pertama kalinya dilaksanakan di Wuyuneri sehingga masyarakat menyambut dengan sangat antusias, untuk itu diharapkan pengobatan massal ini dapat dilaksanakan kembali di Wuyuneri di masa mendatang,” tandasnya. “Semoga Tuhan Yesus memberkati Komandan dan jajaran dalam pelaksanaan tugas,” tambahnya.

“Kegiatan seperti yang kita laksanakan sekarang ini akan sering kita lakukan, tidak hanya kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan dan pendidikan saja, namun banyak kegiatan lain terutama yang menyentuh langsung pada kebutuhan hidup masyarakat setempat, baik yang dilaksanakan sendiri oleh Satgas 509 maupun bekerja sama dengan Instansi-Instansi setempat, sehingga keberadaan Satgas Yonif Raider 509 Kostrad di Puncak Jaya ini dapat bermanfaat banyak bagi masyarakat” tutup Mayor Inf Beny.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Meriahkan Hari Kasih Sayang di Puncak Jaya, Yonif Raider 509 Kostrad Mengadakan Pembagian Alat Tulis dan Pengobatan Massal Gratis