TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam I Bukit Barisan bersama Danrem 031/Wirabima Kunjungi Dua Kelenteng Tertua di Rohil

By 24 Feb 2016 12:41Kodam I/Bukit Barisan
DSC_0740

BAGANSIAPIAPI (24/2/2016) – Usai meresmikan Makodim 0321/Rohil, Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Lodewyk Pusung bersama Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI Nurendi, M.Si (Han) didampingi Gubernur Riau Arsyad Juliandi Rahman, Bupati Rohil H Suyatno, Ketua DPRD Rohil Nasrudin Hasan, Kajari Rohil Bima, Ketua PN Rohil Agustinus Asgari Mandala Dewa kunjungi 2 kelenteng Tertua di Bagansiapiapi Kecamatan Bangko Kabupaten Rohil.

Kelenteng pertama yang dikunjungi Pangdam dan rombongan ini kelenteng In Hok Kiong dan selanjutnya Kelenteng Kuan The Tua. Pada Kelenteng In Hok Kiong Mayjen TNI Lodewyk Pusung bersama Brigjen TNI Nurendi disambut oleh ketua pengurus multi marga Thionghoa Rohil Teong Beng atau dikenal dengan Atong dan Anggota DPRD Riau Ir Siswadja Muljadi serta pemuka warga Thionghoa Bagansiapiapi lainya.

Di kelenteng In Hok Kiong yang berdiri sejak tahun 1807 ini, Pangdam I/BB ini mengaku kagum setelah melihat ornamen ornamen klasik tua didalam kelenteng serta mendengarkan penjelasan singkat sejarah berdirinya kelenteng dari Siswadja Muljadi,Bahwa keberadaanya sudah lama. Keberadaan kelenteng ini sejarah pertama masyarakat tionghoa (warga Tiongkok) berada di Bagansiapiapi.

“Jadi Asal warga Thionghoa Bagansiapiapi dari Thiongkok,”,tanya L Pusung dan dibenarkan Atong ketua multi marga Rohil, Usai mengunjungi kelenteng In Hok Kiong dan foto bersama, rombongan berlanjut mengunjungi Kelenteng Kuan The Tua yang berada dijalan Perwira. Dikelenteng ini pangdam juga mengaku kagum melihat ornamen yang ada, “Banyak sejarah yang ada di Rohil ini. Ini harus dijaga dan dilestarikan pak bupati,”pesan Pangdam. (Penrem 031/Wirabima)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam I Bukit Barisan bersama Danrem 031/Wirabima Kunjungi Dua Kelenteng Tertua di Rohil