TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam IV/Diponegoro Membuka Kafe Wedangan D’Museum Tugumuda

By 15 Feb 2016 10:13Kodam IV/Diponegoro
1502201616

Pemotongan tumpeng oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Jaswandi menandai dibukanya Kafe Wedangan D’Museum Tugumuda di Museum Mandala Bhakti Semarang, Minggu malam (14/2). Potongan tumpeng diserahkan kepada Bapak Donni selaku pengelola Kafe Wedangan D’Museum Tugumuda.

Pembukaan Kafe Wedangan yang merupakan unit usaha Koperasi Kartika Kodam IV/Diponegoro diharapkan bisa mengenalkan kembali Museum Mandala Bhakti yang berada di salah satu ikon wisata di Kota Semarang yakni di Kawasan Tugumuda dan Lawangsewu.

Bapak Donni sebagai pengelola Kafe Wedangan D’Museum Tugumuda, menjelaskan bahwa dibukanya kafe milik Kodam ini untuk lebih mengenalkan museum Mandala Bhakti Kodam IV/Diponegoro kepada seluruh lapisan masyarakat yang ada di Semarang khususnya dan Jawa Tengah umumnya. “Sebenarnya pembukaan kafe wedangan ini sudah direncanakan pada Desember 2015 lalu, namun baru terlaksana sekarang. Dibukanya usaha kafe ini hasil dari ‘ngobrol’ saya dengan Pangdam,” jelasnya.

Dia menambahkan, apalagi halaman museum ini juga dijadikan salah satu kantong parkir dari kendaraan pengunjung yang akan berkunjung ke pusat oleh-oleh di Jalan Pandanaran yang saat ini dilarang parkir untuk kendaraan di sepanjang jalan tersebut, sehingga sambil beristirahat berbelanja di pusat oleh-oleh bisa melepas lelah bisa berkunjung di Kafe Wedangan D’Museum Tugumuda.

Dijelaskan pula, bahwa Kafe Wedangan D’Museum Tugumuda merupakan project percontohan yang dibuat sebagai pusat kuliner dan souvenir dan bisa juga dimanfaatkan menjadi salah satu lokasi tujuan wisata sejarah dan masyarakat lebih mengenal Museum Mandala Bhakti Kodam IV/Diponegoro. Kafe Wedangan ini dibuka malam hari, namun pagi sampai siang hari juga akan digunakan untuk menu makanan lainnya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Semarang Tavip Supriyanto mengatakan, dengan dibukanya Kafe Wedangan D’Museum Tugumuda ini bisa menambah keramaian di Kota Semarang terutama tempat wisata untuk wisata kuliner. Selain di Kota Lama, di kawasan ini juga wisata kuliner akan dikembangkan, sehingga ada tambahan perkembangan pariwisata yang berdekatan dengan wisata sejarah gedung Lawangsewu. “Diharapkan, pengunjung akan betah untuk menikmati wisata di Kota Semarang karena salah satu tempat parkirnya disini (halaman Museum Mandala Bhakti-red),”jelasnya.

Hadir dalam pembukaan kafe wedangan itu Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Joni Supriyanto, para Kabalak dan asisten serta sejumlah pejabat Kodam IV/Diponegoro. Turut hadir Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD IV/Diponegoro serta para pengurus.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam IV/Diponegoro Membuka Kafe Wedangan D’Museum Tugumuda