TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam VI/Mlw Canangkan Penanaman Pohon

By 03 Feb 2016 11:14Kodam VI/Mulawarman
20160203a

Demi membantu program pemerintah dalam menciptakan kawasan lingkungan hidup seluas 29.191 hektar atau 58% dari luas Balikpapan, ratusan anggota TNI dari Kodam VI/Mlw, Lanal Balikpapan, Lanud Balikpapan, Polres Balikpapan menggelar menanam pohon di sepanjang lintasan jalan Tol Balikpapan-Samboja dan jalan Tol Balikpapan-Pelabuhan Petikemas Kariangau Balikpapan, Rabu (3/2).

Acara tersebut ditandai dengan penanaman pohon secara simbolis oleh Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, S.IP. diikuti oleh perwakilan dari Polda Kaltim dan Kadishut Prov Kaltim dilanjutkan dengan penerimaan bantuan pupuk dari PT. Pupuk Kaltim Bontang, serta pemberian batuan bingkisan berupa natura oleh Pangdam VI/Mlw kepada anak anak panti asuhan.

Dalam sambutannya Pangdam VI/Mlw mengemukakan, sebagai paru-paru dunia, penghijauan sangat penting untuk mencegah efek dari global warming yang sekarang ini mulai terjadi, yang disebabkan oleh kurangnya penghijauan, banyaknya penggundulan hutan, dan karena efek dari rumah kaca.

Kegiatan penanaman pohon yang dilaksanakan di sepanjang Jalan Tol Balikpapan-Samboja dan Jalan Tol Balikpapan-Pelabuhan Petikemas Kariango Balikpapan sebagai kepedulian kita dalam mendukung program pemerintah dalam bidang penghijauan untuk merehabilitasi lahan-lahan kritis secara maksimal serta pemulihan akibat dampak kebakaran yang terjadi beberapa waktu lalu.

Pohon yang akan ditanam sebanyak 20.000 pohon, terdiri dari pohon Trembesi, Sengon, Puspa, Rasamala, Kayu Afrika dan pohon buah. Pada tahap pertama akan ditanam pohon Trembesi sebanyak 3.000 pohon. Tanaman ini nantinya selain dapat memberikan estetika dan keindahan untuk keasrian kota juga akan berdampak positif terhadap kualitas lingkungan dan kehidupan masyarakat. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa manfaat dari penghijauan dapat berfungsi sebagai penyaring  panas sinar matahari di jalan, yang mampu menjaga keseimbangan kadar oksigen (O2) dan karbon dioksida (CO2) serta mengurangi polutan, dan meredam kebisingan.

Turut hadir pula sejumlah pejabat Kodam VI/Mlw diantranya Irdam VI/Mlw, Staf Ahli Pangdam, para Asisten, LO-AU, LO-AL, para Kabalak dan Komandan Satuan jajaran Kodam VI/Mlw, Dandim 0905/Bpp, Danlanal serta Danlanud Balikpapan Walikota beserta FKPD kota Balikpapan, Ketua DPRD Kota Balikpapan, Rektor ITK Balikpapan, Ketua MUI Kota Balikpapan, Pimpinan PT. Pupuk Kaltim Bontang, Pimpinan PT. Wika Balikpapan, Pimpinan PT. Petrosea Balikpapan, Pimpinan PT. Reman Balikpapan, Pimpinan Media Cetak, Elektronik dan rekan-rekan wartawan dan elemen masyarakat lainnya.

Pangdam berharap agar kegiatan penanaman pohon ini, dapat ditindak-lanjuti dengan perawatan pasca tanam untuk mempertahankan posisi tumbuh agar tetap tegak dan stabil, saya atas nama pribadi dan selaku Pangdam VI/Mulawarman mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak atas kerjasamanya melalui program ini.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam VI/Mlw Canangkan Penanaman Pohon