TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pembekalan Kepelatihan Program Binjas Mil Sejajaran Kodam Jaya

By 18 Feb 2016 14:47Kodam Jaya
jas

Kodam Jaya/Jayakarta dalam hal ini Jasdam Jaya melaksanakan Pembekalan Kepelatihan Program Pembinaan Jasmani Militer se jajaran Kodam Jaya. Kegiatan ini dilaksanakan di Brigif 1 Pengaman Ibu Kota/Jaya Sakti pada hari selasa (16/2). Sebanyak 118 peserta dari satuan-satuan.

sejajaran Kodam Jaya, termasuk salah satunya personel Pendam Jaya yang diwakili oleh Kapten Caj Malino Sihombing mengikuti kegiatan ini. Kegiatan ini dimulai tepat pada pukul 07.00 wib dan dibuka oleh Waka Jasdam Jaya Letkol. Inf. Dadang Sonjaya.

Kodam Jaya/Jayakarta yang merupakan Kotama strategis karena berada di jantung wilayah ibu kota Jakarta menyadari akan beban tugas kedepan yang makin berat sesuai dinamika yang berkembang di Ibu Kota Jakarta. Sehingga membutuhkan postur prajurit yang samapta.

Ditambahkan dengan hasil perlombaan Ton Tangkas tingkat TNI AD TA. 2015 semester II, dimana Kodam Jaya berada di urutan yang kurang memuaskan yaitu diperingkat ke 6. Begitu juga masih banyak personel di jajaran Kodam Jaya dalam pelaksanaan tes kesegaran Jasmani baik untuk tes Pendidikan, Kenaikan Pangkat dan lain-lain dengan hasil yang kurang bagus atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Kegiatan ini bertujuan untuk membekali kemampuan dalan hal Kepelatihan bidang Jasmani kepada personil-personil dari masing-masing satuan. Sehingga Personil yang mengikuti kegiatan ini dapat membantu dan melatih kegiatan pembinaan jasmani di satuan masing-masing, tegas Wakajasdam Jaya Letkol. Inf. Dadang kepada Pendam Jaya.

Ditambahkan pula oleh Waka Jasdam bahwa peserta kepelatihan ini dapat mengaplikasikan di satuan masing-masing, sehingga masing-masing perorangan di satuan masing-masing dapat melatih dirinya sendiri kapan saja dan dimana saja, dengan itu kemampuan fisiknya dapat terpelihara dan terjaga. Pembinaan Jasmani tidak cukup dengan pendekatan aksi saja tapi perlu didukung pendekatan edukasi. Jadi ini kegiatan ini merupakan pemberian edukasi yang mendasar dalam hal Jasmani secara umum maupun secara khusus.

Dalam Kepelatihan Program Pembinaan Jasmani Militer diberikan materi-materi seperti teori-teori latihan, latihan lari interval, latihan penguatan (contohnya : tarik karet, Squat dengan Barbel, Lari gendong ), renang militer. Materi tersebut diberikan guna mendukung kesiapan fisik dihadapkan kepada even-even kedepan seperti perlombaan ton tangkas, perlombaan beladiri militer Yong Moodo, tes kesegaran jasmani untuk Pendidikan maupun Kenaikan Pangkat.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pembekalan Kepelatihan Program Binjas Mil Sejajaran Kodam Jaya