TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pendampingan Pemupukan Poktani Maju Makmur

By 05 Feb 2016 09:48Kodam IV/Diponegoro
0502201612
Babinsa Koramil 12/Ambal Serda Tofan Janu sedang melaksanakan pendampingan pertanian dengan ketua gapoktan maju makmur Bp.Kamiludin yang sehari-harinya juga menjabat sebagai pembantu kaur kesra Desa Blengor Kulon,dalam rangka pengecekan perkembangan tanaman padi varietas ciherang di lahan Bp.Darto kurang lebih luas 100 ubin. Kamis (4/2/16).
Menurut Bp. Kamiludin pada umumnya perkembangan tanaman padi lumayan bagus memang ada di sebagian lahan ada yang kekurangan air dan ada yang kenak hama karat daun atau istilahnya blas.Namun semua permasalahan sudah dapat teratasi bersama kelompok tani.
Untuk masalah kekurangan air sudah diatasi dengan membuat JIAP (Jaringan Irigasi Atas Permukaan) atau pos diesel air,sedangkan untuk hama karat daun sudah dikoordinasikan dengan PPL Distanak Ambal.Saya sebagai Babinsa hanya pendamping pertanian berkewajiban mendampingi petugas pertanian dan petani ,serta menjembatani semua permasalahan yang sedang dialami petani.
Pendampingan bertujuan selain untuk meningkatkan hasil panen nantinya,juga untuk melaksanakan komunikasi sosial agar terjalin hubungan baik antara Babinsa dengan warga masyarakat setempat.Apabila warga mengalami kesulitan di bidang apapun khususnya pertanian biasanya disampaikan kepada kita, dan kita biasa menyampaikan aspirasi warga kepada atasan kita. Dengan demikian setiap permasalahan yang di hadapi masyarakat dalam hal ini kelompok tani bisa kita atasi dengan baik, dan dapat tercapai tujuan yang kita inginkan.Yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program ketahanan pangan tersebut.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pendampingan Pemupukan Poktani Maju Makmur