TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pengukuhan Kader Baru Saka Wira Kartika Oleh Dandim 0716/Demak

By 09 Feb 2016 12:10Kodam IV/Diponegoro
0902201603

Dandim 0716/Demak letkol Inf Nanang T.T Wibisono mengukuhkan dan menyematkan anggota baru Saka Wira Kartika Koramil 02/Bonang angkatan ke-VII tahun 2016, Senin (08/2/2016).

Pengukuhan yang berlangsung secara sederhana ini berlangsung pinggir sungai Bendungan Karet di desa Jatirogo kec Bonang kab.Demak yang diikuti oleh Puluhan peserta beserta para Babinsa Koramil 02/Bonang, Danramil 02/Bonang,Muspika Kec Bonang dan para tamu undangan.

Dandim 0716/Demak, Letkol Inf Nanang mengungkapkan, anggota Saka Wira Kartika merupakan salah satu wadah dalam memobilisasi kader bela negara yang berwawasan kebangsaan yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Gerakan pramuka kian strategis di tengah banyak masalah kebangsaan di kalangan kaum muda pada saat ini, di antaranya penurunan semangat kebangsaan, longgarnya ikatan persatuan dan kesatuan bangsa, serta minimnya tekad bela negara.

”Peranan gerakan pramuka ini sebagai wadah pembentuk kader bangsa sangat strategis. Sebab di dalam kegiatan kepramukaan banyak menanamkan nilai-nilai kewajiban terhadap Tuhan, negara, sesama manusia maupun terhadap diri sendiri sebagaimana tersurat dalam Trisatya dan Dasa Dharma,” katanya.

Nanang menjelaskan, kegiatan pengukuhan merupakan moment penting sebagai upaya menghidupkan gerakan pramuka yang diampu TNI Angkatan Darat. Shingga generasi muda selalu senantiasa mengembangkan pendidikan dan pembinaan watak dan ketrampilan dengan menerapkan prinsip-prinsip dasar metoda kepramukaan. Gerakan pramuka di bawah binaan TNI AD ini bertujuan menciptakan kader-kader pembangunan bangsa yang berwawasan tinggi, dilandasi iman dan ketakwaan serta berkepribadian pancasila.

”Sesuai tujuan awal, Saka Wira Kartika dibentuk untuk memberikan pendidikan matra darat bagi gerakan pramuka melalui kegiatan nyata, produktif dan bermanfaat,” jelasnya.
Menurut Nanang, salah satu dari komponen pendidikan karakter adalah gerakan pramuka. Bahwa organisasi pramuka sebagai wadah pembinaan bagi calon-calon pemimpin masa depan akan selalu tumbuh berkembang lambang pramuka yang digambarkan sebagai tunas kelapa akan selalu bisa tumbuh dimana-mana.

“Untuk itu tumbuhnya tunas kelapa dari akar hingga daun pun bisa bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya. Itulah gambaran semangat hidup pramuka. Kegiatan kepramukaan tujuannya menjadikan generasi muda yang tidak cengeng, tidak mudah menyerah dan ulet,” terangnya.

Nanang berharap, kepada anggota baru Saka Wira Kartika manfaatkan momentum tersebut dengan rasa tanggung jawab dan mengikuti petunjuk-petunjuk dari kakak pembina.

“Kegiatan pramuka ini sebagai wahana membina dan pengembangan sumber daya manusia bagi generasi muda bangsa yang efektif dan sarana pendidikan non formal untik membentuk karakter bangsa, dalam kehidupan masyarakat,” pungkasnya.

Dengan kegiatan Pramuka ini sebagai wahana untuk membina dan pengembangan sumber daya manusia bagi generasi muda bangsa yang masih efektif dan sarana pendidikan non formal yang membentuk karakter bangsa, dalam kehidupan kemasyarakatan perlu mendapat pembekalan dan pendidikan Bela Negara serta mengembangkan kader-kader penerus perjuangan Bangsa yang bertanggung jawab, disiplin, memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pengukuhan Kader Baru Saka Wira Kartika Oleh Dandim 0716/Demak