TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Personel Koramil 16/Sepulu Bangkalan dan Warga Bersihkan Saluran Irigasi

By 26 Feb 2016 20:26Kodam V/Brawijaya
air

Bangkalan,- Puluhan personel TNI dari Koramil 16/Sepulu jajaran Kodim 0829/Bangkalan, menggelar kegiatan karya bakti membersihkan saluran irigasi yang berfungsi mengairi ratusan hektare sawah di desa Lembung Pasiair Kecamatan Sepulu Kabupaten Bangkalan, Jum’at (26/2). Kegiatan itu melibatkan masyarakat dan petani tiga desa tersebut. Tujuannya, untuk meningkatkan hasil pertanian warga setempat.

Danramil 16/Sepulu Kapten Inf M Yusron mengatakan, fokus kegiatan TNI adalah normalisasi sungai yang sekaligus berfungsi sebagai saluran irigasi untuk meningkatkan swasembada pangan. Kegiatan yang dilakukan adalah mengeruk pasir, tanah, dan bebatuan yang membuat sedimentasi, sehingga saluran irigasi dangkal. ”Saluran irigasi dan sungai yang dibersihkan dengan panjang lebih dari 300 meter,” kata Kapten Inf M Yusron.

Dijelaskannya, kegiatan karya bakti tersebut merupakan inisiatif TNI setelah mendapat laporan dari petani, yang merasa kesulitan air karena sungai atau saluran irigasi dangkal. Kemudian ditindaklanjuti dengan kegiatan pengerukan sedimentasi tersebut. Dengan dibersihkannya saluran tersebut maka sawah di tiga desa seluas lebih dari 150 hektare, tidak adakan terganggu lagi akibat kekurangan pasokan air.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Personel Koramil 16/Sepulu Bangkalan dan Warga Bersihkan Saluran Irigasi