Skip to main content
Kodam IV/Diponegoro

Petani dan TNI Normalkan Aliran Irigasi

Dibaca: 52 Oleh 04 Feb 2016Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Irigasi merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan keberhasilan dalam bidang pertanian. Menyadari hal tersebut, petani Kelurahan Sawitan Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang bersama anggota Kodim 0705/Magelang melaksanakan karya bakti normalisasi irigasi di Dusun Carikan Desa Deyangan Kecamatan  Mertouyudan, Kamis (4/2).

Sebelum pelaksanaan karya bakti, terlebih dulu para personel diapelkan di halaman Kantor BPBD Kabupaten Magelang. Kapten Arm Suryo Wibowo, Danramil 13 Mungkid mengambil apel dan membagi sektor pekerjaan.

“Hari ini kita akan bersihkan irigasi sepanjang 500 meter ini. Agar aliran irigasi bisa berjalan dengan lancar sehingga kebutuhan air untuk para petani akan tercukupi” ungkap Kapten Suryo.

Pekerjaan pembersihan saluran irigasi yang berada di sebelah kantor Polres Magelang ini berawal dari keluhan masyarakat Kelurahan Sawitan yang merasakan kesulitan air apa bila musim tanam.

Oleh salah satu warga, keluhan tersebut disampaikan pada saat Musrenbang di Balai Kelurahan Sawitan pertengahan Januari lalu. Babinsa Sawitan, Serka Agus Purnomo yang hadir dalam Musyawarah tersebut merespon keluhan tersebut. Sersan Agus menyanggupi akan membantu personel untuk normalisasi irigasi tersebut.

Baca juga:  Antisipasi Teror Bom Kodim 0732/Sleman Gelar Apel Kesiapsiagaan

Ilhanudin (46), Sekdes  Sawitan selanjutnya berkoordinasi dengan Babinsa Sawitan untuk merealisasi rencan tersebut. Selanjutnya Babinsa melaporkan kepada Danramil 13/Mungkid.

Menurut Sekdes Sawitan bahwa kegiatan positif dan sangat membantu petani, karena aliran irigasi menjadi lancar. Mengingat hampir 50 hektar sawah di Sawitan bergantung pada irigasi tersebut.

Lebih lanjut Ilhanudin mengatakan bahwa pekerjaan ini berada di wilayah Dusun Carikan Desa Deyangan Kecamatan Mertoyudan, namun yang melaksanakan penbersihan ini adalah warga dari Kelurahan Sawitan, hal itu dikarenakan irigasi tersebut selain mengairi sawah Desa Deyangan juga sawah – sawah di Sawitan mayoritas mengandalkan saluran irigasi ini.

Selain dibantu oleh TNI Kodim 0705/Magelang, karya bakti ini juga melibatkan persolen Polres Magelang. Secara kebetulan, aliran irigasi tersebut masuk ke kompleks perkantoren Polres Magelang. (Hombing/Pendam IV/Dip)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel