TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Satgas Yonif 406/ck Gelar Program Layanan Kesehatan Door To Door Di Perbatasan RI-PNG

By 10 Feb 2016 10:11Kostrad
pelayanan kesehatan 1

Papua merupakan wilayah paling timur di Indonesia yang berbatasan darat langsung dengan negara PNG. Dengan panjang garis batas yang terbentang dari utara hingga selatan sekitar 770 km. Di sepanjang garis batas tersebutlah tergelar pasukan TNI AD yang tergabung didalam Satuan penugasan pengamanan perbatasan (Satgas Pamtas) yang terbagi menjadi dua sektor yaitu sektor utara dan selatan, dimana tiap sektor terdapat 3 batalyon Infanteri.

Selain menjaga pengamanan wilayah perbatasan, mencegah bergesernya patok perbatasan, mencegah kegiatan illegal dan melaksanakan kegiatan teritorial, pasukan TNI AD yang berada di wilayah perbatasan papua juga mempunyai tanggung jawab untuk membantu mensejahterahkan kehidupan masyarakat yang berada di wilayah perbatasan tersebut.

Secara umum kondisi masyarakat yang berada di wilayah perbatasan RI-PNG sangat memprihatinkan, baik dari segi kesejahteraan ekonomi, tempat tinggal, sandang, pangan maupun bila dilihat dari segi kesehatannya serta kurangnya pemahaman masyarakat mengenai pola hidup sehat dan layak. Selain itu minimnya fasilitas-fasilitas umum seperti, sekolah dan puskesmas maupun pustu (puskesmas pembantu) serta kurangnya tenaga pengajar dan tenaga kesehatan.

Melihat kondisi tersebut, Satgas Yonif 406/CK yang mendapat kepercayaan untuk melaksanakan tugas menjaga perbatasan RI-PNG di sektor utara tepatnya di Distrik Senggi dan Pegunungan Bintang mempunyai program anjangsana layanan kesehatan door to door (dari rumah kerumah). Dimana Dansatgas Yonif 406/CK Aswin Kartawijaya memerintahkan seluruh pos jajaran yang berada dibawahnya untuk melaksanakan program tersebut, terutama pos-pos yang di sekitaran kampung tersebut jauh dari puskesmas atau pustu bahkan yang tidak ada puskesmas atau pustu sama sekali.

Program layanan kesehatan door to door (dari rumah ke rmah) secara rinci dijelaskan oleh Dokter Satgas Letda CKM Wiryo, yaitu setiap hari tenaga kesehatan yang berada di pos melaksanakan anjangsana ke rumah-rumah warga untuk mengecek apakah ada warga yang sakit, lalu mengobati warga kampung yang sedang sakit tersebut. Tidak hanya itu saja, tenaga kesehatan satgas Yonif 406/CK juga memberikan penyuluhan mengenai pola hidup sehat dan layak kepada setiap warga kampung yang rumahnya didatangi.

Kepala Kampung Okbibab Bapak Klemens Kasib Mabin dan Ondoafi Kampung Okbibab Bapak Sielem Ningdina sangat berterimakasih kepada prajurit Satgas Yonif 406/CK yang berada di Kampung Okbibab. Karena Kampung kami, Okbibab tidak tersentuh sama sekali dari segi kesehatan. Jangankan tenaga kesehatan, puskesmas atau pustu pun tidak ada di Kampung kami.

Bila warga kampung kami mau berobat, maka harus berjalan berpuluh-puluh kilometer ke kampung sebelah. Oleh karena itu, kami sangat berterimakasih kepada Pos Okbibab Satgas Yonif 406/CK, karena dengan datangnya tenaga kesehatan dari pos tersebut ke rumah-rumah maka, bila warga kami sakit tidak perlu lagi berjalan perpuluh-puluh kilometer ke kampung sebelah untuk berobat. Kami berterimakasih karena telah memberikan pengertian kepada warga kampung kami tentang pentingnya pola hidup sehat dan layak. Warga kampung kami masih kurang paham mengenai pola hidup sehat dan layak, seperti buang air besar sembarangan, karena hampir disetiap rumah tidak mempunyai MCK untuk buang air besar, ungkap Kepala Kampung Okbibab Bapak Klemens Kasib Mabin.

Satgas Yonif 406/ck Gelar Program Layanan Kesehatan Door To Door Di Perbatasan RI-PNG