TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Sosialisasi Pengendalian Bahaya Kebakaran Oleh UPT Damkar

By 12 Feb 2016 10:45Kodam IV/Diponegoro
dam

Magelang- Kebakaran ialah nyala api baik kecil maupun besar pada tempat, situasi dan waktu yang tidak diinginkan dan umumnya bersifat merugikan dan sulit dikendalikan. Untuk itu UPT Damkar DPU ESDM Kabupaten Magelang mengadakan sosialisasi pengendalian bahaya kebakaran yang bertempat di Balai Kelurahan Muntilan. Kamis (11/2).

Penyaji materi disampaikan oleh Kepala UPT Damkar DPU ESDM Kabupaten Magelang Heri Prawoto yang didampingi para stafnya yang berjumlah 6 orang. “Disampaikan beberapa faktor yang menyebabkan kebakaran yang disebabkan oleh alam, manusia dan kebakaran yang disebabkan binatang. Kebakaran yang disebabkan oleh alam diantaranya petir, gempa bumi, gunung meletus, panas matahari dan lain-lain. Sedangkan yang disebabkan oleh manusia antara lain karena disengaja seperti pembalakan liar, balas dendam. Kelalaian karena lupa mematikan tungku pembakaran saat meninggalkan rumah, kurang pengertian seperti membuyang rokok sembarangan, merokok didekat pengisian bahan bakar. Sedangkan penyebab kebakaran karena binatang seperti tikus, kucing dan hewan peliharaan lainnya yang berpotensi menimbulkan kebakaran akibat terdapat sumber api disekitar rumah tanpa pengawasan” pungkasnya.

“Oleh karena sifat kebakaran dimana mengakibatkan banyak kerugian, maka untuk mencegah terjadinya kebakaran dapat diupayakan langkah-langkah seperti mengadakan penyuluhan mengenai bahaya kebakaran dari pemerintah kepada masyarakat. Pengawasan bersama terhadap segala potensi-potensi kebakaran secara bersama-sama saling mengingatkan. Menyediakan sarana pemadam kebakaran aktif maupun pasif di area yang berpotensi tinggi terjadi kebakaran. Dengan demikian dapat diupayakan pencegahan kebakaran secara dini” pungkas Heri Prawoto mengakhiri ceramahnya.

Hadir dalam acara tersebut Babinsa Kelurahan Muntilan Serka M. Amir dan Serda Budiyanto, Edi Supriyanta Ka Unit Damkar Kabupaten Magelang, Muspika Kecamatan Muntilan, Kepala Kelurahan Muntilan dan tamu undangan sebanyak 35 orang.(Sihombing)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Sosialisasi Pengendalian Bahaya Kebakaran Oleh UPT Damkar