TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Tanam Pola S.R.I Tingkatkan Hasil Panen

By 29 Feb 2016 08:24Kodam IV/Diponegoro
26 Peb c

Kegiatan Upsus bidang pertanian khususnya komoditi padi terus digalakkan guna tercapainya swasembada pangan. Tanam pola SRI (System of Rice Intensification) diaplikasikan dilahan Demlot Koramil 13/Mungkid di Dusun Pare Desa Blondo. Kegiatan tanam dengan pola SRI dihadiri oleh Kasdim 0705/Magelang, Pasiter dan Danramil 13/Mungkid Kapten Arm Suryo yang menanam di lahan Demlot seluas 1000 m2  Koramil 13/Mungkid dengan varietas Rojolele.

S.R.I. adalah teknik budidaya padi yang mampu meningkatkan produktivitas padi dengan cara mengubah pengelolaan tanaman, tanah, air, dan unsur hara. Metode S.R.I. ini terbukti telah berhasil meningkatkan produktivitas padi sebesar 50 % bahkan di beberapa tempat mencapai lebih dari 100 %.Teknik S.R.I. ini telah berkembang di 36 negara termasuk Indonesia. Dalam budidaya padi metode S.R.I. ini ada beberapa prinsip yang menjadi ketentuan yaitu  tanam bibit muda berusia kurang dari 12 hari setelah sebar (hss) ketika bibit masih berdaun 2 helai. tanam bibit satu lubang satu batang dengan jarak tanam biasa 25 Cm x 25 Cm, 30 Cm x 30 Cm atau legowo 2, pindah tanam harus hati-hati karena batang masih lemah dan akar tidak putus dan ditanam tidak dalam,  Pemberian air maksimal 2 Cm dengan cara intermitten (berselang), penyiangan sejak awal pada umur 10 hari dan diulang sampai 3 kali dengan interval 10 harian, upayakan menggunakan pupuk organik.Kelebihan S.R.I. dibandingkan dengan tanam padi secara biasa petani (konvensional) adalah tanaman hemat air, hemat biaya benih,  hemat waktu karena panen lebih awal,  produksi bisa meningkat.

“Dengan pola baru ini diharapkan hasil panen bisa meningkat karena pola ini sudah diterapkan dibeberapa negara dan berhasil, jadi pola ini sudah diriset oleh kementrian pertanian dengan struktur tanah di Indonesia, asal petani menurut apa yang disampaikan oleh PPL dan mantri tani Insya Allah pola ini akan sukses”pungkas Kasdim 0705/Magelang Mayor Inf Bambang Wahyudi. (Sihombing)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Tanam Pola S.R.I Tingkatkan Hasil Panen