TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Tangkis Desa Mojo Jebol, Koramil bersama Masyarakat Ramai – Ramai Perbaiki

By 22 Feb 2016 06:29Kodam V/Brawijaya
19 feb tangkis mojo (8)
Kediri ( 20/02).          Itensitas hujan yang tinggi bisa mengakibatkan gerusan air pada tanah ,termasuk tangkis yang ada di pinggiran lahan pertanian milik warga. Tangkis yang membentang di sepanjang lahan pertanian di Desa Petok Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri, kemarin malam jebol, akibat tidak mampu lagi membendung gerusan air yang terus menerus.
Koramil 0809/06-Mojo, bersama masyakarat, khususnya kelompok tani Urip Tentrem, menutup tangkis yang jebol tersebut dengan karung yang berisi pasir dan kerikil. Disamping menutupnya dengan karung, agar lebih kokoh, di patok bambu-bambu di pinggiran karung yang ditumpuk.
 “Kebetulan Koramil Kras mempunyai begitu banyak karung, sisa dari peninggian tangkis di Kras. Kita minta sisa-sisa karung tersebut untuk menutup tangkis ini agar tidak mengganggu tanaman yang ada disini” jelas Danramil Mojo Kapten Inf Mujiono, Jumat 19 Februari 2016.
Tangkis yang jebol tersebut diperkirakan sekitar 12 meter dan membutuhkan sedikitnya 120 karung yang berisi penuh pasir dan kerikil. Sedangkan lahan yang terkena dampak dari tangkis yang jebol tersebut, diperkirakan mencapai sekitar 4 hektar.
 “Untuk menghindari terjadinya tangkis yang jebol lagi, nantinya akan kita perkuat lagi tangkis-tangkis yang tanahnya berkurang akibat terkikis air, sedangkan pengadaan karung, masih perlu kita pikirkan lebih lanjut” pungkas Kapten Inf Mujiono.( Penrem 082/CPYJ )

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Tangkis Desa Mojo Jebol, Koramil bersama Masyarakat Ramai – Ramai Perbaiki