Skip to main content
Berita Satuan

Tim Kesehatan TNI di Pulau Terluar Berhasil Mengobati 5.157 Pasien

Dibaca: 11 Oleh 14 Feb 2016Maret 30th, 2020Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

(Puspen TNI. Minggu, 14 Februari 2016). Tim Bantuan Sosial (Bansos) TNI Misi Pelayanan Kesehatan ke Pulau-Pulau Terluar wilayah Indonesia dengan mengerahkan Rumah Sakit Terapung TNI AL KRI dr  Soeharso-990 dibawah pimpinan Kapuskes TNI Mayjen TNI dr. Ben Yura Rimba, MARS selaku Dansatgas Bansos dan Waaster Panglima TNI Brigjen (Mar) TNI Gatot Triswanto selaku Wadan Satgas Bansos telah berhasil mengobati 5.157 pasien.

Jumlah pasien sebanyak 5.157 orang tersebut, terdiri dari : Pulau Lakor 698 pasien, Pulau Moa 1.304 pasien, Pulau Leti 1.343 pasien, Pulau Kisar 1.041 pasien, Pulau Wetar 423 pasien dan Pulau Liran 348 pasien. Sementara itu, masih ada 1 (satu) orang pasien on board KRI Surabaya mengalami penyakit tumor tulang, dan akan di rujuk ke Rumah Sakit AL dr. Ramelan, Surabaya.

Dalam Misi Pelayanan Kesehatan tersebut, TNI mengerahkan 345 Tenaga Medis dan ABK terdiri dari : 168 personel Tim Kesehatan dari TNI AD, AL dan AU, 2 (dua) dr. Umum, 2 (dua) dr. Gigi, 15 Dokter Spesialis, 2 (dua) Apoteker serta 156 personel KRI dan Crew Helly. Misi Pelayanan Kesehatan di Pulau Terluar Indonesia antara lain, Pulau Lakor, Pulau Moa, Pulau Leti, Pulau Kisar, Pulau Wetar dan Pulau Liran dengan menggunakan KRI dr. Soeharso dengan Komandan Letkol (P) Ashari Alamsyah dalam waktu selama 6 (enam) hari yang diberangkatkan dari Pelabuhan Lantamal VII Kupang, Sabtu (6/2/2016).

Baca juga:  Tinjau Vaksinasi di Pulau Terpencil, Danrem 023/KS Bantu Sembako dan Perlengkapan Sekolah

Misi Kemanusiaan dalam Pelayanan Kesehatan di Pulau Terluar Indonesia tersebut, sebagai tindak lanjut perintah Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo beberapa waktu lalu, usai melakukan kunjungan ke beberapa Pulau Terluar di wilayah Indonesia bagian Timur.

Selama melaksanakan misi pelayanan kesehatan tersebut, berbagai aspirasi positif dari masyarakat dan pejabat pemerintah setempat diantaranya, Camat Pulau Lakor D.J. Heljanan mengatakan antara lain bahwa, jumlah penduduk Pulau Lakor sebanyak 2.443 orang dari 586 Kepala Keluarga dan 5 Desa. Masyarakat sangat mengucapkan terima kasih kepada Bapak Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo atas kegiatan ini yang berjalan dengan baik.

Sementara itu, Ester Baker Makena salah satu pasien yang berasal dari masyarakat Wetar dan tinggal di Saus Tuton Kabupaten Maluku Tenggara Barat mengucapkan terima kasih kepada Tentara Nasional Indonesia (TNI), karena bisa datang ketempat mereka untuk memberikan pelayanan pengobatan, yang selama ini mereka tidak pernah merasakan penanganan yang sangat lengkap dan ditangani langsung oleh dokter.  “Kegiatan seperti ini hendaknya dapat dilanjutkan, karena di desa kami sama sekali tidak ada pengobatan seperti yang dilaksanakan oleh TNI seperti sekarang ini,” harapnya.

Baca juga:  Sutiyoso dan Gatot Dilantik Bareng

Masyakat yang berada di Pulau-Pulau terluar Indonesia mengungkapkan, dengan kehadiran Tim Baksos TNI dapat lebih meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat setempat dan mereka sangat bersyukur dan berterima kasih dengan Pelayanan Bakti Sosial TNI.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel