Skip to main content
Berita Satuan

Tingkatkan Sinergitas dengan Media Massa

Dibaca: 17 Oleh 04 Feb 2016Tidak ada komentar
TNI Angkatan Darat
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksdya TNI Didit Herdiawan mengatakan, jajaran Penerangan TNI harus dapat mengambil porsi lebih besar dalam mempublikasikan kegiatan dan kinerja TNI, sehingga sinergitas antara penerangan TNI dan media massa perlu ditingkatkan.  Fungsi penerangan tidak bisa berdiri sendiri dan sangat terkait erat dengan fungsi lainnya seperti fungsi intelijen, operasi, dan latihan terlebih dengan fungsi teritorial yang sebagian besar program dan kegiatannya memiliki nilai jual publikasi tinggi di berbagai media.

Untuk itulah sangat dibutuhkan seinergi  institusi penerangan mulai dari tingkat satuan sampai ke tingkat Mabes TNI melalui koordinasi dan sinkronisasi pemberitaan,  kata Kasum TNI saat membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Penerangan TNI tahun 2016, di Aula Gatot Subroto, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Rabu.

Rakornis penerangan TNI dengan tema Dilandasi Loyalitas, Moralitas Dan Integritas Siap Mewujudkan TNI Yang Kuat, Hebat, Profesional Dan Dicintai Rakyat Melalui Sinergitas Dan Soliditas Satuan Penerangan TNI  itu diikuti oleh 169 personel jajaran Penerangan TNI (AD, AL, AU).

Baca juga:  Kodam V Brawijaya Kawal Distribusi Pupuk

Didit mengatakan pada tahun 2015, TNI dalam pengabdiaannya sarat dengan prestasi dan kinerja optimal. Berbagai pengabdian TNI terkait dengan tugas penegakan kedaulatan negara dan keutuhan wilayah serta misi kemanusiaan dapat dilaksanakan dengan prestasi membanggakan. Jadi tidak diragukan lagi apabila publik menilai bahwa institusi TNI sebagai sebuah Lembaga Paling Dipercaya berdasarkan beberapa kali penelitian yang dilakukan oleh beberapa lembaga survei terkenal di Tanah Air, tuturnya.

Saya apresiasi dan merasa bangga kepada semua jajaran Penerangan TNI yang telah bekerja keras dan cerdas dalam mempublikasikan kinerja dan pengabdian satuan TNI melalui berbagai media massa, ujar mantan Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal)  ini.

Dalam kesempatan tersebut, mantan Wakil Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) ini juga menyampaikan dalam dua dekade terakhir ini pihaknya menghadapi tantangan komunikasi publik berupa transformasi media massa dan transparansi publik. Media massa sudah menjelma menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan. Tuntutan transparansi publik menjadi suatu keharusan dan dilindungi Undang-Undang, katanya. Transformasi media massa telah menjadikan media massa sebagai agen penyedia informasi terus berubah mengikuti arus kemajuan teknologi komunikasi. Informasi yang disajikan lebih cepat dan terbaru (real time) seiring tuntutan masyarakat yang selalu ingin mendapatkan informasi terkini.

Baca juga:  Panglima TNI : Tugas Pokok Pemimpin Ada Dua

Kasum TNI juga memberikan penghargaan atas pencapaian prestasi pada ajang Penganugerahan Media Humas yang dilaksanakan oleh Bakohumas Pusat Kemeninfo Republik Indonesia, di mana Puspen TNI yang mewakili seluruh jajaran Penerangan TNI telah meraih Juara pada tiga kategori dari lima kategori yang di lombakan.   (Sumber:  HU Suara Karya)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel