TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Upacara Ziarah dan Tabur Bunga Peringati Peristiwa Pertempuran Lengkong Yang ke-70

By 29 Feb 2016 15:07Kodam Jaya
29216 Dandim 0506 Tgr menghadiri Upacara Ziarah dan tabur bunga dalam rangka memperingati Peristiwa Pertempuran Lengkong 1

Dandim 0506/Tgr Letkol Inf Achiruddin menghadiri upacara ziarah dan tabur bunga dalam rangka memperingati peristiwa Pertempuran Lengkong yang ke 70 tahun 2016 di Taman Makam Pahlawan Taruna ( TMP Taruna) Jl.TMP Taruna Kel.Sukaasih Kec.Tangerang Kota Tangerang dengan Irup Pangdam jaya Mayjen TNI Teddy Laksmana, Minggu (28/2).

Memperingati peristiwa Pertempuran Lengkong adalah untuk mengenang dan sekaligus untuk menteladani peristiwa heroik perjuangan dan pengorbanan tanpa pamrih dari para Taruna tepatnya pada tanggal 25 Januari 1946 di Desa Lengkong Wetan, Serpong,Tangerang.

Para Taruna dibawah pimpinan Mayor Daan Mogot  melaksanakan tugas pelucutan senjata tentara Jepang yang berada di desa Lengkong, tugas ini merupakan  tindak lanjut  kesepakatan  pemerintah dan sekutu sebagai pemenang  setelah Jepang menyerah dengan di bom atomnya  kota Nagasaki dan Hiroshima tetapi tentara Jepang yang berada di desa Lengkong wetan, Serpong,  yang dipimpin Kapten Abe tidak kooperatif sehingga terjadilah pertempuran yang tidak seimbang antara para Taruna dengan tentara Jepang yang bersenjatakan lengkap, sehingga gugurlah para Taruna termasuk Mayor Daan Mogot Peristiwa ini diperingati setiap tahunnya .

Upacara Ziarah dan tabur bunga melibatkan Personel  Yonif Mekanis 203/AK, Yonkav 9/BU, Denrudal 003, Kodim 0506/Tgr, Polres Metro Tangerang Kota, Satuan Korsik Ajen Kodam Jaya, Ormas KotaTangerang, Pelajar dan Pramuka.

Setelah pelaksanaan Upacara Ziarah dan tabur bunga di TMP Taruna dilanjutkan Upacara dan peletakan Karangan Bunga di  Monumen Daan Mogot Periswa Pertempuran Lengkong Jl.  Raya BSD Kel. Lengkong karya Kota Tangerang Selatan.

Hadir dalam acara tersebut : Pangdam Jaya Mayjen TNI Tedy Laksmana, Gubernur Akmil, Para Asisten Kasdam Jaya, Para Dansat Jajaran Dam Jaya, Unsur Muspida Kota Tangerang, Unsur Muspida Kota Tangerang Selatan Serta Keluarga para Pejuang.

Autentikasi : Kapendam Jaya Kolonel Inf Heri Prakosa Ponco Wibowo

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Upacara Ziarah dan Tabur Bunga Peringati Peristiwa Pertempuran Lengkong Yang ke-70