TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Arang Sekam Bagus Untuk Media Tanam

By 01 Mar 2016 11:24Kodam IV/Diponegoro
1 Maretb

Pendampingan para Babinsa terus dilaksanakan agar para petani lebih giat lagi terjun ke sawah. Seperti Babinsa Desa Ambartawang Kopda Agus Setiawan anggota Koramil 13/Mungkid Kodim 0705/Magelang melaksanakan pendampingan dalam pembuatan arang sekam untuk media penyemaian padi, Senin (29/2).

Pembuatan media tanam dengan menggunkan sekam padi dibuat di rumah Haryanto warga Dsn Srikuwe Selatan Desa Ambartawang. Adapun bahan yang digunakan untuk pembuatan arang sekam untuk media tanam antara lain: Kulit Padi : 200 Kg, Tabung Seng diameter 25 Cm tinggi 1 m dan skop atau cangkul. Cara pembuatan sekam arang membuat bara api dari serabut kelapa setelah jadi bara api di masukkan ke dalam tabung, kemudian sekam di tuang di luar tabung mengelilibgi tabung membentuk menggunung, diamkan selama ± 6 Jam, setelah sekam berubah warna menjadi hitam arang di aduk sampai merata, kemudian di siram mengunakan air yang sudah di campur dengan pupuk cair organik, diamkan arang sekam tersebut sampai dingin, arang sekam siap digunakan untuk media tanam.

“Bahan yang digunakan mudah dicari disekitar kita, tinggal bagaimana kita ada kemauan apa tidak untuk membuatnya, karena arang sekam bagus untuk media tanam dan bibit yang dihasilkan subur dan batangnya kuat” pungkas Babinsa Desa Ambartawang Kopda Agus Setiawan. (Sihombing)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Arang Sekam Bagus Untuk Media Tanam