TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Babinsa Koramil 01/Kota bantu petani buka lahan pertanian di Bangkalan

By 04 Mar 2016 11:26Kodam V/Brawijaya
buka

Bangkalan,- Bintara pembina desa (Babinsa) Koramil 01/Kota Kodim  0829/Bangkalan Sertu Supeno dan Kopka Adi Susanto bantu masyarakat wilayah Koramil 03/Kamal  dalam mengolah lahan pertanian yang akan ditanami padi gogo.  Jum’at 4 Maret 2016.

“Keikutsertaan TNI AD dalam membangun swasembada pangan akan terus dilakukan di wilayah Kodim  0829/Bangkalan, merupakan wujud pendampingan ke petani guna keberhasilan program swasembada pangan di Bangkalan,” kata Dandim 0829/Bangkalan Letkol Inf Sunardi Istanto, pada media ini, Jum’at (4/3), pagi.

Oleh karena itu, kata Dandim, peran para Babinsa di desa-desa memiliki andil dalam membantu kesulitan warga yang akan membuka lahan pertanian.

“Hari ini sudah 3/4 hektar lahan yang dibuka, dari yang sebelumnya masih berupa semak belukar yang dibersihkan secara bergotong-royong,” katanya.

Dandim, pastikan semangat para Babinsa dalam mendampingi masyarakat untuk meningkatkan produksi ketahanan pangan di Kabupaten Bangkalan.

Sementara di sela kegiatan Danramil 0829/01 Kota, Kapten Inf Muhammad Hariyanto mengatakan, ” Sertu Supeno dan Kopka Adi Susanto, merupakan bagian dari para Babinsa yang membantu mensukseskan program pemerintah dalam tugas membangun teritorial dan mewujudkan ketahanan pangan nasional,” katanya.

“Negara kita adalah aegara agraris dan itu adalah identitas bangsa Indonesia yang harus diperkuat dengan pelaksanaan program ketahanan pangan nasional,” sambungnya.

Setelah membantu warga membuka lahan pertanian, kata Kapten Inf Muhammad Hariyanto, para Babinsa di Koramil 0829/01 Kota mengajari dan memberikan contoh secara langsung di lapangan dengan menanam bibit padi gogo yang telah disiapkan.

“Usai membantu menanam bibit jagung, para Babinsa tersebut juga memberikan penyuluhan pertanian serta tata cara pengolahan lahan yang baik di rumah petani sambil menikmati hidangan sederhana yang disiapkan,” katanya.

Pada momentum itu, lanjut Kapten Inf Muhammad Hariyanto mengapresiasikan program swasembada pangan yang dinilai sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat di Bangkalan dan juga bagi ketahanan nasional bangsa Indonesia.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam XII/Tanjungpura Kodam Iskandar Muda Kodam V/Brawijaya Kodam XVI/Patimura Tips Kesehatan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Babinsa Koramil 01/Kota bantu petani buka lahan pertanian di Bangkalan