TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Babinsa Koramil-10/Pringsurat Bersatu Melaksanakan Pembersihan Saluran Irigasi

By 15 Mar 2016 09:23Kodam IV/Diponegoro
Jpeg

Air merupakan kebutuhan pokok dalam pertanian khususnya untuk tanaman padi dari awal penyiapan lahan sampai dengan masa panen  dalam rangka mendukung swasembada pangan nasional seluruh Babinsa Koramil-10/Pringsurat bersama anggota Poktan Horti Makmur Desa Kebumen dibawah kendali Bapak Sopari melaksanakan pembersihan saluran irigasi sepanjang 500 meter, Senin (14/03/2016).

Babinsa Kebumen Serka Suwarna mewakili Komandan Koramil-10/Pringsurat Kodim 0706/Temanggung di sela-sela pembersihan saluran irigasi mengatakan mengingat hampir 90 hektar areal sawah di Desa Kebumen yang menjadi wilayah binaannya, bergantung pada saluran irigasi  tersebut karena irigasi merupakan faktor yang menentukan keberhasilan dibidang pertanian. Dengan pembersihan secara bersama-sama para petani selaku pengguna air, aliran air akan lancar dari hulu hingga hilir sehingga secara pembagian akan merata dalam pemanfaatannya dan tidak akan menimbulkan suatu permasalahan karena air merupakan faktor yang dominan diareal persawahan, ungkapnya.

Bapak Sopari Ketua Paktan Horti Makmur Desa Kebumen  menyampaikan dengan pembersihan dan perawatan saluran irigasi secara bersama-sama dengan para Babinsa, semua akan tercapai dan terlaksana secara maksimal dengan demikian para Poktan Horti Makmur harus turun kesawah jangan sampai sawah bero sehingga menganggu program pemerintah tentang swasembada pangan. Sawah di Desa Kebumen  menggunakan pengairan sistem daerah irigasi sehingga bisa menanam padi tiga kali dalam satu tahun, berkat pendampingan semua kebutuhan petani tercukupi dan termotivasi (Penramil-10 Serka Setiawan)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Babinsa Koramil-10/Pringsurat Bersatu Melaksanakan Pembersihan Saluran Irigasi