TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Dandim 1006/Mtp Ajak Komponen Pemerintah Dan Masyarakat Untuk Mencegah Karlathut

By 22 Mar 2016 13:25Kodam VI/Mulawarman
karl

Banjarbaru, (21/03) Bertempat di Aula Gawi Sabarataan Kantor Walikota Banjarbaru jalan Panglima Batur No 23 Banjarbaru Kalsel, 17 Maret 2016 telah dilaksanakan Rakor Terpadu bersama Pemko, Kodim dan Polres dengan masyarakat pihak terkait dalam rangka penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan Kota Banjarbaru tahun 2016 yang dibuka dengan resmi oleh Walikota Banjarbaru Bapak Drs Nadjmi Adnani,Msi.

Dalam Rakor terpadu KARHUTLAT tersebut, Walikota Banjarbaru memberikan sambutannya bahwa terciptanya lingkungan yang baik dan terhindarkan dari bencana kebakaran adalah dambaan kita semua, hidup sehat dan tentram, karena ini merupakan kewajiban kita semua turut serta menjaga agar masalah keseriusan Pamerintah dan masyarakat dalam menangani, menjaga dampak bencana kebakaran yang harus di sikapi secara sederhana bijaksana namun penuh Tanggung jawab. Pamerintah sendiri sudah, khususnya wilayah Kota Banjarbaru akan mengintensifkan dan mengedepankan upaya untuk mencegah kebakaran hutan wilayah dengan dasar hukum penanggulanang bencana daerah, dengan tujuan memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman bencana dengan memberikan sosialisasi dan pemahaman tentang bahaya membuka lahan dengan cara membakar hutan. Seperti yang dikatakan itu juga oleh Walikota Banjarbaru.

Dandim 1006/Martapura Letkol Arm Andi Martopo, SE. memberikan penjelasan serta pemahaman cara penanggulangan penanganan dampak kebakaran hutan dan lahan yang bertujuan agar kebakaran hutan di tahun ini tidak terjadi lagi, tentu dengan terciptanya sinergitas antara stake holder bersama masyarakat dan kesadaran sehingga tidak ada lagi membuka lahan dengan cara membakar, memang faktor yang menimbulkan adanya kebakaran hutan adalah disebabkan oleh faktor alam dan manusia itu sendiri, hal ini tentu kita tidak berdiam diri saja namun usaha dan upaya sudah laksanakan dan dibuat dengan adanya efektifitas pembuatan kanal saluran air dan embung penampungan kesediaan air dilokasi terjadi kebakaran, pemantauan titik Hotspot dalam peringatan dini melalui BMKG dan kegiatan patroli peninjauan langsung, mediasi himbauan peringatan kepada masyarakat melalui sosialisasi media masa, media elektronik tentang larangan pembakaran lahan. Yang terpenting dan akurat dalam menangani ungkap Dandim yaitu MENCARI, TEMUKAN dan PADAMKAN.

Acara rakor Karhutlah tersebut di Hadiri oleh Plt. Sekda kota Banjarbaru Bapak Drs.Said Abdullah Msc selaku Kepala BPBD kota banjarbaru, Kapolres Banjarbaru AKBP Harun yuni Sik.SH, Forkopimda banjarbaru, Para Danramil serta Kapolsek, Camat serta para lurah, Organisasi barisan pemadam kebakaran dan undangan.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Puspen TNI Kostrad Kodam IV/Diponegoro Tips Kesehatan Dinas Penerangan Kodam XII/Tanjungpura Kodam V/Brawijaya
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Dandim 1006/Mtp Ajak Komponen Pemerintah Dan Masyarakat Untuk Mencegah Karlathut