TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Danramil 06/Sukajadi Berikan Penyuluhan Bela Negara Dan Wawasan Kebangsaan

By 23 Mar 2016 10:49Kodam I/Bukit Barisan
menwa

Pekanbaru (23/03/16) Danramil 06 Sukajadi Kapten Inf Sukaryono  memberikan penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan kepada peserta pra Diklatsar Menwa Indra Buana bertempat di Kampus UNRI Panam Pekanbaru. Dalam penyuluhan tersebut, Kapten Inf Sukaryono  mengatakan, peran pemuda sangat penting bagi kemajuan bangsa dalam menghadapi setiap konflik dan tantangan global di masa depan.

“Dari sekarang kita harus mulai membentuk pemuda yang tangguh, untuk Indonesia emas tahun 2045. Sehingga mampu menghadapi konflik global di masa depan,” tuturnya. Penyuluhan Kesadaran Bela Negara (PKBN) pada prinsipnya adalah pendidikan politik ethis normatif dalam rangka membangun karakter bangsa.

Kapten Inf Sukaryono   juga menjelaskan, dasar hukum bela negara adalah UUD 1945 pasal 30 tertulis : “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan Negara. ”Sehingga mau tidak mau kita wajib ikut serta dalam membela negara dari segala macam ancaman, gangguan, tantangan dan hambatan yang datang dari dalam maupun luar”,demikian penyampain Danramil 06/Sukajadi selaku nara sumber dalam acara Penyuluhan Kesadaran Bela Negara (PKBN) Kesadaran berbangsa dan bernegara harus kita tanamkan sejak dini, harus diawali sejak dini Para orang tua/orang-orang dewasa harus dapat memberi contoh yang baik dan benar. Satu contoh akan lebih bermakna/bermanfaat dari pada 1000 nasehat, ungkapnya.(Penrem 031/Wirabima)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Danramil 06/Sukajadi Berikan Penyuluhan Bela Negara Dan Wawasan Kebangsaan