TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Danrem 012/TU : Menurunnya Nasionalisme Sebagai Ancaman Integritas Bangsa

By 29 Mar 2016 18:00Kodam Iskandar Muda
tu

Meulaboh – Danrem 012/TU Kolonel Arh Ruruh A Setya Wibawa SE MM mengatakan, berbagai ancaman dapat datang kapan saja, baik dari dalam maupun luar yang dapat merongrong keselamatan bangsa dan negara, menurunnya rasa nasionalisme bangsa merupakan ancaman besar terhadap integritas bangsa.

Hal itu disampaikan dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kasrem Letkol Inf Puguh Suwito saat mengambil Apel Kesiapsiagaan yang diikuti 250 Prajurit jajaran Korem 012/TU dalam rangka kewaspadaan dan kesiapan prajurit TNI terhadap peningkatan profesionalisme  dan kesiapan operasional satuan di wilayah Korem 012/TU di lapangan Teuku Umar Meulaboh Aceh Barat, Selasa (29/03/16).

Danrem mengingatkan kepada kita semua bahwa ancaman yang merongrong keselamatan bangsa dan negara ini bukan  semata-mata datang dari luar, tetapi  justru yang lebih dominan muncul dari dalam diri bangsa ini, antara lain ditandai dengan menurunnya semangat nasionalisme, rendahnya militansi, serta melunturnya jati diri dan kultur bangsa ini.

Kondisi itu memunculkan anggapan negatif disebagian kalangan masyarakat bahwa negara kita adalah negara yang lunak, dan bangsa kita adalah bangsa yang lembek, menggampangkan permasalahan, serta tidak  memiliki kepekaan terhadap pelanggaran dan penyelewengan yang terjadi di negara ini.

Saya tekankan kepada Prajurit jajaran Korem 012/TU agar tetap waspada dari segala  ancaman yang akan timbul dan selalu siap suatu saat dibutuhkan dalam keadaan apapun. “Tegas Puguh”

Sebagai komponen utama pertahanan dan keamanan negara, TNI  masih harus dihadapkan kepada tantangan yang tidak ringan dan semakin kompleks, khususnya di wilayah Aceh, sebagai akibat adanya potensi konflik yang disebabkan oleh benturan kepentingan ataupun rivalitas antara kelompok-kelompok tertentu.

Kepada seluruh Prajurit TNI dimanapun  bertugas dan berada, agar senantiasa mencermati perkembangan situasi keamanan Regional dan Nasional, serta perkembangan pembangunan di daerah  masing-masing,  dengan   terus meningkatkan  kesiapsiagaan operasional Satuan, guna mengantisipasi setiap perkembangan yang dapat mengganggu proses pembangunan.

Dalam Gelar Apel Kesiapsiagaan tersebut turut hadir Dandim 0105/Abar, Dandim 0116/Nagan Raya, Danyonif 116/GS, Para Kasi dan Kabalak Jajaran Korem 012/TU.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Danrem 012/TU : Menurunnya Nasionalisme Sebagai Ancaman Integritas Bangsa