TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Danrem 031 Wirabima Minta Kades Aktif Sosialisasi Karlahut

By 11 Mar 2016 12:50Kodam I/Bukit Barisan
PRY_8707

PEKANBARU (11/3/2016) – Danrem 031 Wirabima, Brigjen TNI Nurendi, M.Si (Han) kembali mengingatkan kepada kepala desa (Kades) untuk serius mensosialisasikan bahaya membakar lahan dan hutan. Karena sejauh ini kebakaran yang terjadi di Riau merupakan faktor kesengajaan oleh oknum tak bertanggungjawab.

“Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) di Riau bukan semata-mata faktor alam, melainkan ulah oknum yang sengaja membakar untuk kepentingan pribadi,” tegas Danrem 031 Wirabima, Brigjen TNI Nurendi, ‎saat konferensi pers, di ruang kerjanya, Jl. Mayor Ali Rasyid No.1 Pekanbaru.

Padahal, lanjut Danrem, langkah untuk mencegah dan mengantisipasi meluasnya areal kebakaran di Riau sudah dilakukan segala upaya secara maksimal salah satunya dengan menggiatkan sosialisasi bahaya Karlahut. Namun sangat disayangkan kenapa di lapangan masyarakat masih membuka lahan dengan cara membakar.

Oleh karena itu, Danrem Nurendi berharap peranan kepala desa yang menjadi pemerintahan terdepan dapat mencegah dan memberikan sosialisasi terhadap masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Begitu juga dengan perusahaan, jika ingin melakukan pembukaan usaha di lahan-lahan open akses dan konservasi pemberi izin harus benar-benar diteliti. Karena sudah 18 tahun kebakaran yang terjadi di Provinsi Riau. “Istilah bahasa kesehatannya Riau ini sudah kronis. Jika ini tidak ada kesungguhan dalam pencegahan Karhutla, maka akan selamanya masyarakat Riau menghirup asap,” pungkasnya. (Penrem 031/Wirabima)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam XII/Tanjungpura Kodam Iskandar Muda Kodam V/Brawijaya Kodam XVI/Patimura Tips Kesehatan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Danrem 031 Wirabima Minta Kades Aktif Sosialisasi Karlahut