TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Danrem 031/Wirabima : Satgas Karlahut Tetap Siaga

By 30 Mar 2016 14:56Kodam I/Bukit Barisan
PRY_6790

PEKANBARU (30/3/2016) – Meski Provinsi Riau terus diguyur hujan sejak beberapa hari belakangan ini, namun personel gabungan pencegahan kebakaran hutan dan lahan Riau, tetap siaga di lapangan. Selain melakukan patroli rutin, petugas juga terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, supaya jangan sampai melakukan pembakaran lahan.

Danrem “Personil bersama tim gabungan masih standby, tentunya dengan melakukan langkah pencegahan, jangan sampai terjadi kebakaran yang luar biasa. Dalam kondisi saat ini tim kita melakukan sosialisasi masyarakat tidak membakar lahan,” ujar Danrem 031/WB Brigjen TNI Nurendi, yang juga Komandan Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Dansatgas Karhutla) Riau.

Menurutnya, patroli rutin merupakan salah satu upaya pencegahan yang efektif. Dengan adanya patroli rutin, pelaku Karhutla akan berpikir dahulu sebelum menjalankan aksinya. Patroli itu, untuk saat ini masih difokuskan di sejumlah wilayah yang dinilai rawan terjadi Karhutla.

Dijelaskan Danrem, saat ini sebagian wilayah Riau masih diguyur hujan hingga beberapa minggu ke depan. Namun mulai Mei mendatang, Riau sudah kembali memasuki musim panas, dimana hujan sangat minim mengguyur wilayah Riau.

“Karena patroli dan sosialisasi terus kita laksanakan. Tujuannya untuk mengingatkan masyarakat agar jangan membakar lahan pada musim panas nanti,” terangnya.

Sementara itu, terkait dengan Heli Mi 8MVT-1, bantuan dari pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Danrem mengatakan tetap berada di Riau. Jika nantinya terdapat titik api, maka akan langsung dilakukan pemadaman dengan water bombing.

“Helinya sudah ada, tetap stanby juga, kalau terjadi kebakaran langsung turun,” kata Danrem. (Penrem 031/Wirabima)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Puspen TNI Kostrad Kodam XVI/Patimura Pengumuman Kodam II/Sriwijaya Kodam V/Brawijaya
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Danrem 031/Wirabima : Satgas Karlahut Tetap Siaga