TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Dekan Dan Dosen UIN Sunan Kalijogo Yogyakarta Ikuti Latihan Bela Negara

By 06 Mar 2016 11:51Akademi Militer
dosen

Akmil (5/30) – Wakil Gubernur Akademi Militer, Brigjen TNI Dudung Abdurachman, S.E, M.M., mewakili Gubernur Akmil, Mayjen TNI Hartomo, secara resmi membuka latihan Kepemimpinan dan Bela Negara yang diikuti 59 orang, terdiri para Dekan, Dosen dan Staf Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, yang dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 5 s.d 6 Maret 2016. Kegiatan akan diisi dengan materi teori maupun praktek antara lain : Pembangunan karakter, Proxy War, PBB, Pengetahuan Survival, Wawasan Kebangsaan, Renungan malam, Kunjungan ke Museum Abdul Djalil, Museum SBY dan Team Work. Turut hadir dalam acara itu Dirbinlem Akmil, Kolonel Inf. Wisnoe PB, para dosen, pengasuh dan pelatih bela negara.

Pelatihan Bela Negara yang akan di laksanakan ini sangat penting dan juga memiliki dasar hukum yang kuat, yaitu UU No.3 Tahun 2002 Tentang Pertahanan Negara Pasal 9 Ayat (1), yang berbunyi, ”Setiap Warga Negara Berhak dan Wajib Ikut Serta Dalam Upaya Bela Negara Yang Diwujudkan Dalam Penyelenggaraan Pertahanan Negara”.

Perlu diingat, bahwa pelatihan Bela Negara ini bukan berarti militerisasi, tetapi lebih kepada menanamkan karakter kebangsaan yang kuat dan kepemimpinan lapangan yang matang, sehingga akan terbentuk perilaku disiplin, semangat patriotisme, militansi dan cinta tanah air dan nantinya akan sangat mendukung keberhasilan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengembangan/riset serta pengabdian pada masyarakat. Materi-materi pelatihan yang diberikan bertujuan untuk menambah pengetahuan, meningkatkan kemampuan dalam mengatasi hambatan/rintangan, kemampuan mengambil keputusan dan kepemimpinan lapangan.

Diakhir sambutannya, Wakil Gubernur, mengucapkan “Selamat Berlatih”, kepada para Peserta Latihan tunjukkan segala potensi yang kalian miliki, kobarkan terus semangat pantang menyerah dan jiwa korsa yang tinggi diantara kalian, sehingga nantinya para Dekan, Dosen, dan Staf UIN Sunan Kalijaga betul-betul dapat merasakan manfaat dari program pelatihan Bela Negara dan Kepemimpinan ini. Untuk itulah, para Dekan, Dosen dan Staf UIN Sunan Kalijaga dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, penuh semangat, dan bertanggung jawab, agar semua materi yang diberikan dapat diikuti dengan aman, lancar dan tertib sesuai dengan tujuan yang direncanakan, sehingga hasilnya dapat bermanfaat dalam upaya memajukan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta…. (Penramil 05/candiroto Sertu Ruatam Aji)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Dekan Dan Dosen UIN Sunan Kalijogo Yogyakarta Ikuti Latihan Bela Negara