TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Ground Breaking Perluasan 230 Ha Sawah di Wilayah Kodim Aceh Utara

By 04 Mar 2016 13:03Kodam Iskandar Muda
IMG-20160303-WA0003

Perluasan sawah baru seluas 230 ha Desa Blang Aman Kecamatan Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara ditandai dengan pemecahan air kendil oleh Danrem 011/Lilawangsa Kol Inf Dedy Agus Purwanto,S.H didampingi Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Inf Eka Oktavian Wahyu Cahyono beserta Muspida kabupaten Aceh Utara dan puluhan anggota kelompok tani se-kecamatan Lhoksukon, Kamis (03/03).

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Kesepakatan Kerja Sama (KKS) antara Kementrian Pertanian dan TNI AD dalam rangka mendukung program ketahanan pangan pemerintah.

Salah satu sasaran ground breaking perluasan sawah baru ini adalah menyediakan lahan untuk pengembangan padi bagi petani di desa Blang Aman Kecamatan Lhoksukon kabupaten Aceh Utara.

Kegiatan utama yang akan dikerjakan yaitu Land Crearing, Perataan,Pembuatan Galengan,Jaringan Irigasi dan Pengolahan Lahan.

Untuk diketahui, tahap pertama perluasan sawah baru yang telah memiliki SID sejumlah 1.075 ha yang tersebar di 11 wilayah di kabupaten Aceh Utara.

Saat ini, diawali dengan perluasan sawah baru seluas 230 ha di desa Blang Aman dan akan diteruskan ke desa Cot U Sibak, Seuneubok Dalam, Buket Sentang,Ulee Gunong,Teupin Keube,Tualang dan Blang Rubeek dengan total se-kecamatan Lhoksukon seluas 315 ha.

Perluasan lahan sawah baru akan dikerjakan secara prioritas dan bertahap di Kecamatan Kuta makmur, Meurah Mulia, Syamtalira Aron, Bhaktiya, Bhaktiya Barat, Sawang, Cot Girek, Nibung, Geuredong Pasee dan Langkahan dengan luas total tahap pertama 1.075 ha.

Lahan seluas 230 ha ini milik beberapa petani dengan nama kelompok Blang Aman Jaya yang diketuai oleh M. Saman yang didampingi Serda Sukirman selaku babinsa setempat.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Ground Breaking Perluasan 230 Ha Sawah di Wilayah Kodim Aceh Utara