TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Gudmurah ‘A’ Manfaatkan Lahan Tidur

By 15 Mar 2016 12:12Kliping
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

Gudang Munisi Daerah (Gud­murah) ‘A’ 00-21-01 merupa­kan satuan pelaksana dari Paldam Jaya yang beralamat di Ja­lan Raya Narogong, Ban tar Ge­bang, Bekasi, Jawa Barat. Di dalam Markas Gudmurah ‘A’ 00-21-01 banyak tanah kosong yang ditumbuhi alang-alang dan tanaman tebu liar.

Dibawah komando Mayor Cpl Sutaryo sebagai Kagudmurah, tanah kosong yang biasa dise­but lahan tidur disulap men­jadi kebun berbagai tanaman seperti jagung, singkong, ka­cang panjang, ubi jalar, pisang dan pepaya.

Disela-sela tugas pokoknya menyimpan, merawat, memeli­hara dan mendistribusikan mu­nisi dan bahan peledak ke sa­tuan pemakai di lingkungan Ko­dam Jaya dan jajaran Balakpus TNI AD yang berada dalam are­al servicenya, anggota Gudmu­rah ‘A’ 00-21-01 secara bergan­tian dan berkelompok 7 sampai 10 orang dengan penuh sema­ngat memulai mengolah lahan tidur seluas kurang lebih 1 hek­tar yang berada di depan ger­bang markas.

Dengan peralatan seadanya, anggota Gudmurah memulai pembukaan lahan yang dulu­nya ditumbuhi alang-alang dan tanaman liar seperti tebu selama kurang lebih 3 minggu. Kemudian dilanjutkan dengan pengo­lahan tanah berupa pencangku­lan selama satu bulan, memang waktu yang cukup lama. Hal ini karena dilakukan saat tidak ada kegiatan tugas pokok mau­pun tugas pelayanan memberi­kan asistensi tehnik dan penga­wasan ke satuan-satuan yang menyimpan munisi dan bahan peledak serta latihan menebak.

Setelah pengolahan tanah se­lesai dilanjutkan dengan pena­naman bibit, bibitnya diperoleh dari dukungan Balai Pertanian Bekasi. Menurut Lettu Cpl Zae-nudin Hendrawan S.Pd Pasim-inbekhar Gudmurah ‘A’ 00-21-01, pemanfaatan lahan tidur di markasnya telah pernah panen jagung.

Alhamdulillah untuk jagung setelah 3 bulan ditanam, sudah panen pertengahan Februari lalu, hasilnya dibagikan kepada anggota Gudmurah dan staf Pal-dam Jaya, ujar Lettu Cpl Zaenudin dalam pesan elektroniknya.   Lettu Cpl Zaenudin juga sangat senang atas upaya Kagudmu­rah ini, selain menambah ke­sejahteraan juga sebagai pengi­si waktu luang.

Sangat bermanfaat bagi ke­sejahteraan anggota, juga mem­beri kegiatan anggota di wak­tu luangnya, sehingga mere­ka tertarik untuk bercocok ta­nam, sambung Lettu Inf Zaenudin.  Saat ini, anggota Gudmurah tengah menunggu saat panen singkong dan kacang hasil ker­ja sama mereka beberapa wak­tu lalu. (Sumber: HU Pelita)

 

 

 

 

 

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan KORPRI TNI AD Kodam XII/Tanjungpura Kodam II/Sriwijaya Puspen TNI Kodam Iskandar Muda Kodam IV/Diponegoro
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Gudmurah 'A' Manfaatkan Lahan Tidur