Skip to main content
Kodam Jaya

Gudmurah A Manfaatkan Lahan Tidur

Dibaca: 761 Oleh 14 Mar 2016Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Gudang Munisi Daerah (Gudmurah) “A” 00-21-01 merupakan satuan pelaksana dari Paldam Jaya yang beralamat di Jalan Raya Narogong, Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat. Di dalam Markas Gudmurah “A” 00-21-01 banyak tanah kosong yang ditumbuhi alang-alang dan tanaman tebu liar.

Dibawah komando Mayor Cpl Sutaryo sebagai Kagudmurah, tanah kosong yang biasa disebut lahan tidur disulap menjadi kebun berbagai tanaman seperti jagung, singkong, kacang panjang, ubi jalar, pisang dan pepaya.

Disela-sela tugas pokoknya menyimpan, merawat, memelihara dan mendistribusikan munisi dan bahan peledak ke satuan pemakai di lingkungan Kodam Jaya dan jajaran Balakpus TNI AD yang berada dalam areal servicenya, anggota Gudmurah “A” 00-21-01 secara bergantian dan berkelompok 7 sampai 10 orang dengan penuh semangat memulai mengolah lahan tidur seluas kurang lebih 1 hektar yang berada di depan gerbang markas.

Dengan peralatan seadanya, anggota Gudmurah memulai pembukaan lahan yang dulunya ditumbuhi alang-alang dan tanaman liar seperti tebu selama kurang lebih 3 minggu. Kemudian dilanjutkan dengan pengolahan tanah berupa pencangkulan selama satu bulan, memang waktu yang cukup lama. Hal ini karena dilakukan saat tidak ada kegiatan tugas pokok maupun tugas pelayanan memberikan asistensi tehnik dan pengawasan ke satuan-satuan yang menyimpan munisi dan bahan peledak serta latihan menebak.

Baca juga:  Nonton Bareng Video Press Conference Kasad di Yonif 134/Ts

Setelah pengolahan tanah selesai dilanjutkan dengan penanaman bibit, bibitnya diperoleh dari dukungan Balai Pertanian Bekasi.

Menurut Lettu Cpl Zaenudin Hendrawan S.Pd Pasiminbekhar Gudmurah “A” 00-21-01, pemanfaatan lahan tidur di markasnya telah pernah panen jagung.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel