TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kasdam I/BB Silaturrahmi Dengan Keluarga Besar TNI

By 23 Mar 2016 16:01Kodam I/Bukit Barisan
kbt6

Kasdam I/BB Brigjen TNI Widagdo Hendro Sukoco Menghadiri Acara Silaturrahmi Dengan Keluarga Besar TNI Di Balai Prajurit Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km. 7,5 Medan, Rabu (23/3).

Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung dalam sambutannya yang dibacakan Kasdam I/BB Brigjen TNI Widagdo Hendro Sukoco, mengatakan tujuan silaturrahmi keluarga besar TNI sebagai upaya untuk memelihara dan meningkatkan hubungan emosional antara Kodam l/BB dengan seluruh keluarga besar TNI. Diharapkan kegiatan silaturrahmi ini dapat mewujudkan semangat soliditas dan kesamaan visi, misi dan persepsi guna mengatasi permasalahan Bangsa demi tetap tegaknya keutuhan NKRI. Dewasa ini ancaman nyata yang menjadi perhatian Dunia memiliki karakteristik masing-masing yang dapat berimplikasi terhadap komponen ketahanan nasional seperti Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial Budaya, Pertahanan dan Keamanan serta Teknologi Informasi. Menghadapi berbagai dinamika ancaman yang terjadi saat ini untuk mewujudkan sistem pertahanan Negara yang tangguh, maka diperlukan adanya peningkatan peran serta dari seluruh komponen Bangsa. Implikasi dari dinamika ancaman yang terjadi telah menyebabkan permasalahan pertahanan Negara menjadi sangat kompleks dan penyelesaiannya tidak hanya bertumpu pada bidang pertahanan saja, akan tetapi juga menjadi tanggung jawab seluruh komponen Bangsa termasuk instansi pemerintah maupun non pemerintah. Pertahanan Negara saat ini dan kedepan tidak cukup didekati dari aspek militer semata, akan tetapi memerlukan pendekatan secara terpadu dengan militer sebagai satu kesatuan pertahanan Negara.

Lebih lanjut Pangdam I/BB mengatakan untuk dapat mengatasi setiap bentuk tantangan, ancaman, hambatan dan gangguan dari manapun datangnya, Bangsa Indonesia juga harus memiliki keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan dalam mengembangkan kekuatan nasional. Maju mundurnya Bangsa Indonesia sangat tergantung kepada seluruh komponen Bangsa. Keluarga besar TNI sangat memiliki potensi yang luar biasa dalam mendukung tetap tegaknya kedaulatan NKRI. Oleh karenanya diperlukan semangat persatuan dan kesatuan yang kuat dari seluruh elemen Bangsa. Jadikan pertemuan silaturrahmi sebagai media untuk membangun komunikasi sosial, sekaligus  sebagai sarana sharing informasi dalam rangka menyikapi permasalahan yang berkembang di tengah-tengah kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal ini sesuai dengan tema yang diangkat, yaitu: “Melalui silaturahmi keluarga besar TNI, kita tingkatkan soliditas dan kesamaan visi dan misi guna mengatasi permasalahan Bangsa dalam rangka mewujudkan keutuhan NKRI”.

Dalam kesempatan tersebut Ketua DPD LVRI Provinsi Sumut Kolonel Inf (Pur) H. Alauddin  AE. S.IP dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pangdam I/BB atas diadakannya acara kegiatan komunikasi sosial dengan keluarga besar TNI. H. Alauddin AE. S.IP mengatakan perjuangan Bangsa Indonesia untuk memperoleh kemerdekaan ditandai dengan kebangkitan nasional, yang dilakukan melalui pengembangan Wawasan Kebangsaan, pemantapan patriotisme dan nilai-nilai perjuangan, sampai pada puncaknya yaitu terwujudnya NKRI dengan Proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945. Sejak detik awal proklamasi, upaya pennyelenggaraan pertahanan keamanan Negara dilaksanakan secara sepontan oleh seluruh rakyat Indonesia dengan semangat juang yang tinggi dan kerelaan berkorban sebagai perwujudan dan tanggung jawab serta kehormatan seluruh rakyat Indonesia terhadap NKRI. Atas jasa dan pengorbanan warga Negara Indonesia yang telah berjuang membela dan mempertahankan kedaulatan NKRI, Negara/pemerintah telah memberikan penghargaan dan kehormatan berupa tanda kehormatan Veteran Republik Indonesia para pejuang/Veteran Republik Indonesia, hidupnya sering dihampiri derita, berhujan peluru dan bersembah darah demi tanah air.

 Pekik pejuang menggelegar memperjuangkan kebebasan dan kemerdekaan Bangsa. Nyawa kemerdekaan Bangsa begitu berarti dari pada nyawa yang ada dalam tubuh mereka, semboyan veteran dulu Merdeka atau Mati, sekarang NKRI Harga Mati. Berdasarkan jejak dokumen, Veteran diartikan tidak sebatas person saja, namun juga secara organisasi ada upaya untuk mewariskan cita-cita perjuangan yang diteruskan bagi bangsa Indonesia. Kata Veteran sebagai Entitas (satuan yang berwujud) perjuangan dengan memiliki nilai-nilai kemasyarakatan dan kebangsaan yang dapat meningkatkan harkat dan martabat Bangsa Indonesia

Lebih lanjut H. Alauddin AE. S.IP menyampaikan, persepsikan nilai kejuangan (nilai juang 1945) sebagai nilai warisan, tentu saja nilai tersebut akan tetap relevan untuk dikedepankan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, pada era saat ini maupun kedepan. Salah satu bentuk keprihatinan dan kegalauan para pejuang terhadap kondisi Bangsa dan Negara saat ini, memiliki berbagai permasalahan demestik, mulai dari politik, ekonomi, pengelolaan sumber daya alam, sosial budaya mulai dari rendahnya penghargaan terhadap nilai-nilai sejarah, dekadensi moral, melemahnya karakter dan jati diri Bangsa, hingga permasalahan sosial seperti pengangguran, kemiskinan, korupsi, kolusi dan nepotisme serta lemahnya penegakkan Hukum. Dari berbagai permasalahan diatas, dapat dicermati, membangun Bangsa tidak saja memiliki kualitas intelektual dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (IT). Akan tetapi juga lebih penting pembangunan jiwa, semangat patriotism serta nilai juang 45, serta memiliki karakter dengan jati diri Bangsa yang kuat sebagai wujud kesadaran kebangsaan dan bela Negara. Lagu Indonesia Raya telah mengisyaratkan pada kita, Bangunlah Jiwanya baru kemudian Bangunlah Badannya.

Dalam kegiatan silaturrahmi Kodam I/BB dengan keluarga besar TNI, dihadiri 160 orang keluarga besar TNI.

Hadir dalam kegiatan tersebut Staf Ahli Pangdam I/BB, Para Asisten Kasdam I/BB, Para Kabalakdam I/BB, Pengurus PEPABRI Sumut, Pengurus PPAD Sumut, Pengurus PD FKPPI Sumut, Pengurus MADA PPM Sumut, PERIP dan Unsur Dharma Pertiwi Daerah ”A”.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kasdam I/BB Silaturrahmi Dengan Keluarga Besar TNI