TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kasdam VI/Mlw Menerima Taklimat Awal Tim BPK RI

By 11 Mar 2016 19:09Kodam VI/Mulawarman
20160311a

Balikpapan, (11/03) Kegiatan pengawasan dan pemeriksaan merupakan implementasi dari fungsi kontrol dalam siklus manajemen, dengan tujuan untuk mengoptimalkan fungsi sistem dalam suatu organisasi secara baik dan benar. Penegasan tersebut disampaikan oleh Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI GE. Supit, S.Sos, saat menerima Taklimat awal Tim BPK RI di ruang Yudha Kodam VI/Mlw Balikpapan, Kamis, 10 Maret 2016.

Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, S.I.P. dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kasdam VI/Mlw mengemukakan bahwa Pengawasan yang didukung oleh para pelaksana yang profesional, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi terciptanya kualitas kinerja organisasi untuk mewujudkan efektivitas dan efisiensi dalam melaksanakan program kerjanya.

Dengan demikian, hasil dari pengawasan yang tepat, akan mendorong terwujudnya iklim organisasi yang sehat, mekanisme kerja yang lancar dan terhindar dari kekeliruan yang dapat merugikan negara.

Hal ini sejalan dengan penegakan tertib administrasi sebagai tuntutan transparansi dan akuntabilitas dalam setiap pelaksanaan program dan anggaran, sehingga penggunaan anggaran benar-benar tepat guna, tepat sasaran dan tepat waktu, serta memenuhi kriteria “2K3E”, yaitu Ketaatan dan Kepatuhan terhadap aturan serta Efektif, Efesien dan Ekonomis.

Kami menyadari walaupun para pejabat pengelola keuangan dan anggaran jajaran Kodam VI/Mulawarman telah diberikan penekanan serta dibekali pengetahuan tentang tertib administrasi keuangan dan anggaran, namun tidak menutup kemungkinan masih terdapat kekeliruan dan kesalahan khususnya dalam pelaporan serta cara menyusun pertanggungjawaban keuangan yang belum sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang berlaku.

Pangdam meminta kepada para Komandan/Kepala Satuan yang menjadi obyek pemeriksaan, saya berharap dapat mempersiapkan dan menerima kunjungan Tim BPK RI. Berikan informasi dan data yang benar kepada Tim, jangan merekayasa dan sampaikan apa adanya terhadap semua kegiatan dan permasalahan yang ada di satuan masing-masing.

Jangan segan-segan dan malu bertanya kepada Tim, minta petunjuk dan penjelasan tentang hal-hal yang belum diketahui dan dimengerti sehingga apa yang menjadi ketentuan dapat kita laksanakan dengan benar.

Sementara itu Ketua Tim BPK RI Ibu Lutfia SE., Msi, menyampikan bahwa pengawasan dan pengendalian merupakan salah satu kegiatan dari fungsi manajemen yang perlu dilaksanakan secara berkesinambungan dengan tujuan untuk meningkatkan tugas pokok dan fungsi organisasi agar selalu berada pada arah dan sasaran yang telah ditetapkan.

Bahwa tuntutan manajemen menghendaki optimalisasi pelaksanaan sistem, dimana fungsi organisasi sangat diperlukan guna pencapaian sasaran yang telah ditetapkan dan pelaksanaannya diharapkan selalu berpedoman kepada ketaatan, ketertiban terhadap ketentuan yang berlaku serta efektif, efisien, dan ekonomis.

Hadir pada acara Taklimat Awal tersebut, Ketua Tim BPK RI Ibu Lutfia SE., Msi, anggota Tim BPK RI Ibu Masnurina Oktarisa ST., MM, dan Ibu Fenriyanti Lidya Sampepolan SE, Staf Ahli Pangdam VI/Mlw, LO-AL, LO-AU, para Asisten, Kabalak jajaran Kodam VI/Mlw.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Puspen TNI Kostrad Kodam IV/Diponegoro Tips Kesehatan Dinas Penerangan Kodam XII/Tanjungpura Kodam V/Brawijaya
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kasdam VI/Mlw Menerima Taklimat Awal Tim BPK RI