TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kedatangan Kasad Di NTT Disambut Meriah Raja-raja Setempat

By 31 Mar 2016 16:58Dinas Penerangan
IMG-20160331-WA0026

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono disambut oleh Raja Malaka Dominikus Kloit Tey Seran (Liurai XV) dan Raja Belu Loro Lamaknein II saat tiba di Bandara A.A. Bere Tallo Atambua Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur, Kamis (31/03). Kasad berkunjung ke Atambua dengan tujuan untuk melihat secara langsung kehidupan para prajurit penjaga wilayah perbatasan RI-RDTL (Republik Demokratik Timor Leste).

Kedatangan Kasad disambut dengan meriah. Selain penyambutan secara langsung oleh para Raja daerah setempat, yaitu Raja Malaka dan Raja Loro Lamaknein, rombongan Kasad juga disuguhi tari-tarian daerah, seperti Sapaan Hasehakawa dari Makoan serta Tarian Likurai yang yang menjadi ciri khas dari masyarakat adat di Kabupaten Belu. Hal ini juga dimaknai sebagai acara pengukuhan gelar kehormatan Ksatria Panglima Perang Perbatasan oleh Raja Malaka dan Raja Loro Lamaknein.

Pengukuhan gelar kehormatan ini merupakan wujud penghargaan tokoh masyarakat di NTT, sekaligus mencerminkan penerimaan masyarakat yang sangat baik atas keberadaan para prajurit TNI AD yang selama ini menjaga perbatasan di wilayah tinggal mereka.

Wilayah perbatasan RI-RDTL saat ini dijaga oleh dua Satuan Setingkat Batalyon yaitu Yonif 725/Woroagi Kendari di sektor Timur dan Yonarmed 11/Kostrad di sektor Barat. Selanjutnya Kasad juga mengunjungi Mako Satgas Pamtas Yonif 725/Woroagi di Kelurahan Umanen Atambua, Pos Lintas Batas Negara Motaain. Pada Jum’at besok (1/4) juga direncanakan untuk berkunjung pula ke Pulau Ndana Rote di wilayah Kabupaten Rote Ndao yang berbatasan langsung dengan Australia.

Pulau kecil yang terletak di wilayah paling selatan Indonesia ini, saat ini dalam penjagaan prajurit TNI dari Yonif 744/SYB (Satya Yudha Bhakti) dan Yonif I Marinir dari Surabaya.

Kasad tiba di Atambua dengan menggunakan helikopter jenis Bell 412, didampingi Asops Kasad, Aslog Kasad, Pangdam  IX/Udayana Mayjen TNI M. Setyo Sularso, Danrem 161/Wirasakti Brigjen Heri Wiranto, S.E., M. M., bersama sejumlah pejabat lainnya. Kedatangan perdana Kasad ke wilayah Kabupaten Belu ini juga disambut oleh unsur Forkopimda Pemkab Belu, seperti Bupati Belu Willy B. Lay, Dandim 1605/Belu, Ketua DPRD Belu, serta masyarakat Belu yang mengenakan pakaian Adat Belu. (Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kedatangan Kasad Di NTT Disambut Meriah Raja-raja Setempat