TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kegiatan Pramuka Saka Wira Kartika “Raden Mas Said” Kodim 0728/Wonogiri

By 21 Mar 2016 13:50Kodam IV/Diponegoro
2103201611

Saka atau Satuan Karya Pramuka Wira Kartika merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang bersifat nasional. Saka yang dibentuk lewat kerjasama antara Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela negara.

Di samping Saka Wira Kartika, saka lainnya yang bersifat nasional seperti Saka Bhayangkara, Saka Bahari, Saka Bakti Husada, Saka Dirgantara, Saka Kencana, Saka Taruna Bumi, Saka Wanabakti, Saka Pariwisata, Saka Kalpataru, dan Saka Widya Budaya Bakti.

Saka Wira Kartika “Raden Mas Said” sebanyak 32 peserta, Binaan Kodim 0728/Wonogiri dengan Pembina Serma Gatot Hariyanto anggota Staf Ter Kodim-0728/Wonogiri, Minggu (20/3) mengambil lokasi di Hutan Kethu Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri untuk kegiatan terori dan praktek, materi yang diberikan oleh pembina Serma Gatot Hariyanto antara lain “cara berbivak, pembuatan jerat/perangkap dan pengenalan jenis tumbuhan serta Hewan/Binatang yang bisa dimakan”.

Komandan Kodim 0728/Wonogiri Letkol Inf Basuki Sepriadi ditempat terpisah menjelaskan bahwa “Saka Wira Kartika adalah wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat. Membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Matra darat sendiri dapat diartikan sebagai segala aktifitas dan kegiatan yang dilakukan secara terorganisir, perorangan ataupun kelompok yang memanfaatkan kondisi alam di darat seperti hutan, gunung, rawa, dan sungai. tutur Dandim, (Sterdim-0728/Wonogiri).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kegiatan Pramuka Saka Wira Kartika “Raden Mas Said” Kodim 0728/Wonogiri