TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 0201/BS Panen Perdana Padi Varietas Kartika I

By 08 Mar 2016 19:20Kodam I/Bukit Barisan
v1

Dandim 0201/BS Kolonel Inf Maulana Ridwan, S.H. Melakukan Panen Perdana Demplot Padi Varietas Kartika I 82 Semi Organik di Demplot Padi Varietas Kartika I-82 Jalan Gaperta V Helvetia Tengah Medan, Selasa (8/3).

Dalam Sambutannya Dandim 0201/BS Kolonel Inf Maulana Ridwan, S.H.mengatakan dengan adanya kegiatan ini menambah motivasi untuk lebih meningkatkan produktivitas hasil panen padi dalam rangka mendukung program Pemerintah swasembada pangan dalam kurun waktu 3 tahun yang dicanangkan oleh Presiden RI. Berkaitan hal tersebut Kementerian Pertanian menggandeng TNI untuk bersama-sama bahu-membahu turun ke sawah mengelola sawah, memperbaiki irigasi hingga ikut melancarkan distribusi pupuk sampai ke petani dengan benar, hingga bagaimana mengelola dan memilih bibit yang baik sampai dengan musim panen.

 Dandim 0201/BS menyampaikan, bahwa Kodim 0201/BS kerjasama dengan Pemko Medan telah membuat Demplot padi seluas 9 HA, tahap pertama yang akan dipanen seluas ± 1 HA, yang sudah tertanam berumur 3 minggu seluas ± 4 HA dan akan ditanam seluas ± 4 HA. Demplot padi ini menerapkan pola tanam padi Varietas Kartika I-82 semi organik. Pola ini banyak menggunakan bahan-bahan organik baik pada saat persemaian benih, persiapan lahan dan pada saat pemupukan. Dengan pola tanam ini dapat lebih meningkatkan hasil panen, dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan Nasional. Salah satu tantangan yang saat ini sedang menjadi isu yang menonjol adalah semakin menyempitnya luas lahan pertanian terutama sawah akibat praktek alih fungsi lahan pertanian ke non pertanian yang cukup marak.

 Lebih lanjut Dandim 0201/BS mendorong kepada para petani untuk gemar menggunakan pupuk organik, secara bertahap mengurangi ketergantungan kepada pupuk kimia bersubsidi dan berharap agar Dinas Pertanian terkait memberikan pelatihan serta pendampingan kepada kelompok tani.

Walikota Medan Drs .H. T. Dzulmi Eldin S, M.Si dalam sambutannya megucapkan terima kasih kepada Dandim 0201/BS beserta jajaranya serta seluruh pihak yang terlibat dalam gerakan swasembada pangan dan semoga apa yang dilaksanakan dapat memberikan berkah tersendiri kepada Kota Medan serta bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

 Lebih lanjut Walikota Medan menyampaikan sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan, dimulai dengan kesepakatan yang dapat mensejahterakan masyarakat petani. Walikota Medan berharap kerjasama antara Pemerintah Kota Medan dengan Kodim 0201/BS akan terus berlangsung dalam meningkatkan produktivitas pangan Kota Medan.

 Selanjutnya  Walikota Medan menyampaikan, jika Medan dan daerah-daerah lainnya lebih cepat merealisasikan swasembada pangan secara Nasional akan segera terwujud. Negara yang berswasembada tentu akan menjadi Negara yang bermartabat, mandiri dan memiliki posisi tawar yang tinggi dalam pergaulan Internasional.

Hadir dalam kegiatan tersebut Irdam l/BB, Para Asisten Kasdam l/BB, Kabalakdam I/BB Kadistan Provsu Ir. H. Aspan Sofian Batubara, Waka Polresta Medan AKBP Yusuf Hondawantri Naibaho, SH, Msi, Kasubditbintibluhditbinmas poldasu AKBP Hartini .S.Psi.M.Psi. Letkol Mar Hadi S mewakili Danlantamal I Belawan dan Letkol T. Sembiring mewakili Pangkosek Hanudnas III Medan.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Puspen TNI Kostrad Kodam IV/Diponegoro Tips Kesehatan Dinas Penerangan Kodam XII/Tanjungpura Kodam V/Brawijaya
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim 0201/BS Panen Perdana Padi Varietas Kartika I