TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 0706 Temanggung Mendukung Kegiatan Wasbang DPD RI

By 23 Mar 2016 13:16Kodam IV/Diponegoro
IMG-20160323-WA0004

Bertempat di lapangan apel Kodim 0706/Temanggung dilaksanakan pembukaan Seminar dan Outbound kebangsaan pelajar SMA/SMK se-Kabupaten Temanggung dengan tema “Membangun Karakter Kebangsaan dan Budi Pekerti yang Luhur Pada Generasi Muda Untuk Kedaulatan NKRI”, yang diikuti oleh 152 orang pelajar oleh Hj. Denty Eka Widi Pratiwi, S.E., M.H., (Anggota DPD RI).

Kegiatan dihadiri oleh Letkol Kav Zubaedi, S.Sos., (Dandim 0706/Temanggung), Mastur (Ketua KNPI Temanggung), Dody Sugiyarto (FKPPI Temanggung) dan Para pembina masing masing sekolah, kegiatan seminar dan outbound kebangsaan akan dilaksanakan selama 2 hari dari dari tanggal 23 s.d 24 Maret 2016, dengan kegiatan 1 hari pembekalan di ruangan 1 hari aplikasi/praktek lapangan.

Hj. Denty Eka Widi Pratiwi, S.E., M.H., (Anggota DPD RI) dalam pembukaan Seminar dan Outbound kebangsaan pelajar SMA/SMK se-Kabupaten Temanggung menyampaikan sebagai  anggota  DPD RI  utusan Jateng merasa terpanggil dan perlu untuk  membina kepada  generasi penerus bangsa ini, karena potensi yang  besar ini  ada pada generasi muda yang saat ini duduk di bangku SMA/SMK.

Berbagai macam isue yang ada di Indonesia saat ini mari kita tanggulangi bersama, dengan semua potensi yang ada, sumber daya alam, sumber daya manusia, potensi pertanian, ekonomi kreatif, UMKM yang ada mari kita sama-sama kita asah asuh dengan  keperibadian yang kuat dapat kita jadikan sebagai  pemebentukan karakter bangsa, dengan  nilai-nilai  itulah yang kita  dijadikan modal bersama.

Materi pembekalan Wawasan Kebangsaan diisi oleh (Ibu Denty Eka Widi Pratiwi), Pentingnya Kedisiplinan dan Penanaman Jiwa Nasionalisme oleh (Dandim 0706/Temanggung), Proxy war (Kapten Arm Muhaimin), Narkoba (BNNK Temanggung), Pengetahuan Lalin (Polres Temanggung) dan Implementasi Bela Negara (Kapten Inf  Hartono) serta pada hari kedua (tanggal 24 Maret 2016) dengan materi Outbound intruktur dari Kodim 0706/Temanggung.

Dalam kesempatan itu Dandim memberikan materi Wawasan Kebangsaan untuk meningkatkan ketahanan Nasional. Secara gamblang dan terperinci Dandim 0706/Temanggung menguraikan satu persatu tentang 4 konsensus dasar Nasionalis serta apa saja yang diperlukan oleh seluruh komponen bangsa demi menjaga ketahanan Nasional.

Komandan Kodim 0706/Temanggung Letkol Kav Zubaedi S.Sos. menyampaikan, tujuan materi wawasan kebangsaan untuk mewujudkan rasa nasionalisme, jiwa korsa, rasa cinta tanah air, persatuan dan kesatuan serta patriotisme kepada siswa SMA/SMK se Kabupaten Temanggung, dengan pemahaman wawasan kebangsaan, akan memancarkan kualitas dan ketangguhan bangsa dalam menghadapi berbagai ancaman terhadap eksistensi suatu negara. Semangat kebangsaan atau nasionalisme merupakan bagian dari wawasan kebangsaan berdasarkan Pancasila sebagai ideologi dan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 merupakan pendorong dan motivasi dalam mengisi kemerdekaan dan pembangunan guna mempertahankan tegaknya NKRI.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim 0706 Temanggung Mendukung Kegiatan Wasbang DPD RI