TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 1703/manokwari Gelar Pekan Imunisasi Nasional ( PIN ) Polio

By 15 Mar 2016 08:41Kodam XVII/Cenderawasih
photo_2016-03-15_09-31-47(1)

Kodim 1703/Manokwari dibantu Tim Medis dari Puskesmas Sanggeng Kabupaten Manokwari melaksanakan kegiatan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang dipimpin oleh Dandim 1703/Manokwari dan Ketua Persit KCK pada Senin 14 Maret 2016 bertempat di Aula Makodim 1703/Manokwari. Kegiatan ini dihadiri sedikitnya 60 orang.

Dalam kegiatan tersebut Dandim 1703/Manokwari Letnan Kolonel Inf Andy Parulian, S.I.P menyampaikan tujuan PIN Polio antara lain mengurangi resiko penularan virus polio yang datang dari negara lain maupun dilingkungan sekitar, memastikan tingkat kekebalan masyarakat terhadap penyakit polio yang cukup tinggi dan memberikan perlindungan secara optimal serta merata pada balita, khususnya yang berumur 0-59 bulan terhadap kemungkinan munculnya kasus penyakit polio,” jelasnya.

Imunisasi merupakan upaya pencegahan penyakit yang terbukti sangat cost effective. Banyak kematian dan kecacatan yang disebabkan oleh penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio adalah pemberian imunisasi tambahan polio kepada kelompok sasaran imunisasi untuk mendapatkan imunisasi polio tanpa memandang status imunisasi yang dilakukan berdasarkan hasil evaluasi program dan kajian epidemologi.

Tercapainya eradikasi polio di dunia sebagai tujuan umum PIN pada akhir tahun 2020. Selain tujuan umum, terdapat pula tujuan khusus PIN, yaitu memastikan tingkat imunitas terhadap polio di populasi (herd immunity) cukup tinggi dengan cakupan > 95% dan memberikan perlindungan secara optimal dan merata pada kelompok umur 0-59 bulan terhadap kemungkinan munculnya kasus polio yang disebabkan oleh virus polio Sabin.

PIN Polio akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia selama sepekan mulai tanggal 8-15 Maret 2016 dengan sasaran semua anak usia 0-59 bulan tanpa memandang status imunisasinya.

Imunisasi yang diberikan berupa vaksin polio tetes sebanyak 2 tetes. Diharapkan kepada semua pihak untuk  dapat mendukung dan mensukseskan kegiatan PIN Polio ini secara aktif dengan cara menyampaikan dan mengajak semua sasaran anak umur 0-59 bulan untuk dating ke Pos PIN terdekat dan diimunisasi.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim 1703/manokwari Gelar Pekan Imunisasi Nasional ( PIN ) Polio