TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim Bersama Pemda Bangkalan Gelar Gerakan Optimalisasi Lahan Kering Swasembada Pangan

By 08 Mar 2016 12:56Kodam V/Brawijaya
AnttyfhT9APHN6yN9fv6YkA5wx3FfjPFyXrE6NpRsj_F-m

Bangkalan – Pemerintah Kabupaten Bangkalan dan BPTP Jawa Timur dengan bekerja sama dengan Kodim 0829/Bangkalan menggelar program “Gerakan Optimalisasi Lahan Kering Untuk Usaha Tani Padi Guna Mendukung UPSUS Swasembada Pangan (PAJALE)”, bertempat di Desa Telang Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan, Selasa (8/3).

Sebagai salah satu bagian dari program swasembada pangan yang dilaksanakan oleh Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil), Komando Distrik Militer (Kodim) 0829/Bangkalan siap untuk mensukseskan program “Gerakan Optimalisasi Lahan Kering Untuk Usaha Tani Padi Guna Mendukung UPSUS Swasembada Pangan (PAJALE)” di wilayah Bangkalan.

Dandim 0829/Bangkalan Letkol Inf Sunardi Istanso, melalui Kasdim 0829/Bangkalan Mayor Inf Mahmudi, Selasa pagi, (8/3) saat di lokasi kegiatan di Desa Telang Kecamatan Kamal, menjelaskan, “kegiatan ini sebagai wujud dalam mendukung program Upsus swasembada pangan. Yang mana kegiatan ini sebagai salah satu upaya guna mengejar target dari pemerintah, melalui pemanfaatan lahan kosong dan kering di wilayah Bangkalan,” jelasnya.

Dikatakan, untuk mensukseskan program tersebut, pihaknya akan melibatkan masyarakat setempat untuk mengambil salah satu peran agar target perluasan lahan persawahan tercapai. Dandim juga menyampaikan agar terjaminnya program cetak sawah baru ini, Kodim akan melaksanakan dengan baik dan benar, mengikuti pedoman yang ada di dalam penyelenggaraan, sehingga sasaran yang ditetapkan dapat tercapai secara optimal, ujarnya.

“Mari kita bekerjasama bahu membahu membantu petani dengan pengawalan secara ketat terhadap ketersediaan sarana dan prasarana produksi padi, khususnya benih bermutu dan pupuk di tingkat petani. Karena itu salah satu faktor utama pendukung keberhasilan dalam upaya peningkatan produksi”, ujarnya bersemangat.

Sementara itu BPTP Provensi Jatim Bpk Doktor Ir Wibowo Saputro, dalam penjelasnnya mengatakan “menghimbau dan mengajak kerjasamanya dalam Upsus yang akan menjadikan Madura sebagai daerah percontohan karena Pulau Madura mempunyai potensi yang bagus kususnya Padi dan jagung,” paparnya.

Diakhir kegitan, dilaksanakan penyerahan secara secara simbolis Bibit dan Pupuk oleh Kepala BPTP Provinsi kepada kelompok Tani Kecamatan Kamal dan dilanjutkan penanaman secara simbolis di Res Area sawah tadah hujan oleh Kepala BPTP Provinsi Jawa Timur.

Turut Hadir dalam acara tersebut Danramil 01 s/d 18 jajaran Kodim 0829/Bangkalan, unsur Muspida, Muspika Kecamatan Kamal, Tokoh masyarakat, para Petani dan kelompok Tani serta elemen masyarakat lainnya.

Kodim Bersama Pemda Bangkalan Gelar Gerakan Optimalisasi Lahan Kering Swasembada Pangan