TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim Menjadi Juri Di Pesta Siaga 2016

By 14 Mar 2016 17:23Kodam IV/Diponegoro
juri

Kodim 0707/Wonosobo sebagai Komando Teritorial sangat diperlukan dalam membantu Program Pemerintah Daerah dalam tugas dimasa damai. Di antara kesibukan kegiatan yang dilaksanakan Kodim,masih berkesempatan mengirimkan personelnya untuk menjadi Juri dalam Pesta Siaga yang berlangsung di Alun-alun Wonosobo. Acara dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 5 Maret 2016, Kodim Wonosobo yang di wakili oleh Sersan Mayor Dahriyono dan Sersan Kepala Benny Dwi Septanto sebagai salah satu juri pesta siaga tingkat sekolah dasar .

Pramuka adalah salah satu pendidikan luar sekolah yang dilaksanakan sebagai salah satu pilihan kegiatan ekstra kurikuler sebagai bagian dari Pengembangan Diri. Kegiatan pramuka sangat bermanfaat dalam melatih kemandirian, tanggung jawab, kepemimpinan dan masih banyak lagi manfaatnya.

Pada era Globalisasi ternyata manfaat Pendidikan Kepramukaan masih sangat solid, karena dengan kegiatan ini dapat digunakan sebagai salah satu wadah kegiatan anak-anak dan remaja di luar sekolah. Pesta Siaga berisi kegiatan-kegiatan permainan mendidik bagi anggota Pramuka Siaga. Pembina Pramuka sadar bahwa dengan Pendidikan Kepramukaan ini dapat digunakan untuk mendidik anak-anak agar memiliki kegiatan yang bermanfaat sekaligus sebagai salah satu upaya Pengembangan Diri bagi peserta didik, sehingga sangat pentingnya perencanaan dalam pendidikan kepramukaan ini. Namun banyak pembina yang mengalami kesulitan dalam melatih anak pramuka siaga. Kebanyakan anak siaga senangnya hanya menyanyi dan bermain sehingga ketika Yanda atau Bunda memberikan materi Siaga mereka sering acuh dan ketika ada Pesta Siaga akibatnya kurang berhasil. Apabila hal ini dibiarkan maka pembinaan anak Siaga tidak pernah berhasil.

Pembina tetap berupaya membuat rencana kerja yang dapat menunjang terlaksananya pendidikann karakter melalui kegiatan kepramukaan. Memang bukan perkara mudah memberi pengertian kepada mereka, itu yang menjadi tantangan bagi para Pembina untuk tetap berusaha sehingga materi yang mau disuguhkan ke peserta akan mudah dicerna dan dilaksanakan.

Keterlibatan TNI dalam hal ini sebagai tim Juri juga sangat membantu pelaksanaan Pesta Siaga kali ini. Selaku Pembina berharap semoga dalam kegiatan lain TNI tetap mau berbagi ilmu terutama masalah Kedisiplinan. Kita sadari bersama TNI dalam hal disiplin adalah pakarnya, sehingga tidak keliru jika dewan Pembina sangat berharap akan uluran tangan dan kerja samanya dalam ikut berpartisipasi membina generasi muda bangsa melalui kepramukaan.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim Menjadi Juri Di Pesta Siaga 2016