TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Panen Raya Serentak Wilayah Securai Selatan

By 01 Mar 2016 07:10Kodam I/Bukit Barisan
IMG-20160229-WA0007

Kasdam I/BB Brigjen TNI Widagdo Hendro. S didampingi Aster Kasdam I/BB Kolonel Inf Mahmud menghadiri kegiatan panen raya padi serentak di Desa Securai Selatan, Kec. Babalan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Senin (29/2).

Turut hadir dalam kegiatan panen raya tersebut, mewakili Kementrian Pertanian RI Ali Jamil, Plt. Gubsu yang diwakili Plt. Kadis Pertanian Sumut Ir. Aspan Sofyan, MM,  Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu SH, anggota DPR RI Delia Pratiwi Br Sitepu, Sekda H. Indra Salahudin, Kadis Pertanian Kab. Langkat, sejumlah SKPD dijajaran Pemkab. Langkat, Kasdim 0203/Lkt Mayor Inf Supriono, para Danramil wilayah Kodim 0203/Langkat, Babinsa, Kepala Desa Securai Selatan dan masyàrakat serta Kelompok Tani Kec Babalan.

Acara panen seretak ini, meliputi tujuh provinsi yakni Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan.

Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kasdam I/BB Brigjen TNI Widagdo Hendro. S mengatakan sebagaimana kita ketahui bahwa Tahun 2016 adalah tahun kedua pelaksanaan program upaya khusus padi, jagung dan kedelai  di Provinsi Sumatera Utara. Pada kegiatan upaya khusus, segala strategi dan upaya sudah dilakukan untuk peningkatan luas tanam dan produktivitas di daerah-daerah sentra produksi pangan.

Sehubungan hal tersebut operasioanalisasi pencapaian target di tingkat Kabupaten/Kota harus benar-benar terkoordinasi dan dilaksanakan secara maksimal. Kodam I/Bukit Barisan beserta seluruh jajarannya sebagai pendamping upaya khusus, siap mengamankan dan menyelesaikan permasalahan yang menjadi kendala di lapangan, mulai dari tingkat Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Desa.

Diakhir sambutannya Pangdam I/BB mengingatkan kembali  bahwa pupuk subsidi harus sampai kepada para petani yang membutuhkan.  Apabila melihat adanya penyelewengan atau penyalahgunaan pupuk bersubsidi dan menawarkan benih padi kepada kelompok tani yang tidak sesuai dengan varietas yang ditentukan, silahkan laporkan kepada aparat terkait untuk diambil tindakan tegas.

Sementara itu, Bupati Langkat Ngogesa Sitepu menyampaikan terima kasihnya atas penobatan Desa Securai sebagai tempat panen raya di Sumatera Utara.

Bupati berharap, program-program yang telah dibuat Pemerintah seperti penyediaan benih unggul, pembangunan dan rehabilitasi irigasi, jalan usaha tani, lumbung pangan, pemberian modal kerja, alat dan mesin pertanian dapat membuat masyarakat semakin termotivasi untuk tetap bercocok tanam demi kelanjutan ketahanan swasembada pangan di Indonesia.

Tentunya, Dengan bantuan yang diterima Kabupaten Langkat masih mampu mencapai produksi 65 kwintal Per-hektare dari luas 600 hektare tanaman padi. Dengan demikian Kab Langkat masih merupakan salah satu Kabupaten penghasil beras terbesar di Sumatera Utara.

Dalam kesempatan tersebut Pemprovsu menyerahkan bantuan Alsintan, 4 unit Transplanter, 14 unit Hand Tractor yang diserahkan oleh Plt Gubsu yang diwakili Plt Dinas Pertanian Provsu kepada Pemerintah Kab Langkat yang diterima langsung oleh Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH yang di peruntuhkan untuk kelompok tani Desa Securai Selatan untuk peningkatan hasil produksi swasembada pangan di Sumatera Utara.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Panen Raya Serentak Wilayah Securai Selatan