TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam I/BB Berangkatkan Tim Ekspedesi Gurindam Sakti Korem 033/WP

gurindam

Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung memberangkatkan Tim Ekspedisi Gurindam Sakti Korem 033/WP Tahun 2016 di lapangan Upacara Makorem 033/Wira Pratama Jln. Sei Timun Senggarang Tanjungpinang Kepulauan Riau, Rabu (23/3).

Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung selaku penaggung jawab Tim Ekspedisi Gurindam Sakti Korem 033/WP dalam sambutannya mengatakan Tim Ekspedisi Gurindam Sakti Korem 033/WP Tahun 2016 yang melibatkan 299 Personil Gabungan berbagai Profesi yang terdiri dari personel TNI-Polri, unsur Kementerian, Lembaga Negara, Instansi Pemerintah Daerah, Para Akademisi, Pecinta Alam, Pramuka, Elemen Masyarakat dan Organisasi Kemasyarakatan serta Media agar dapat melaksanakan tugas dengan tulus ikhlas, penuh dedikasi serta semangat yang tinggi agar dapat memperoleh hasil yang lebih baik, sehingga dapat menjadi solusi dalam membantu Pemerintah Daerah dalam mengatasi kesulitan masyarakat di daerah terpencil. Tujuan dilaksanakannya Ekspedisi Gurindam Sakti antara lain adalah mendata dan memetakan semua potensi yang meliputi potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia guna mendorong percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat kepulauan.

Lebih lanjut Pangdam I/BB menyampaikan dalam pelaksanaannya Tim Ekspedisi Gurindam Sakti Korem 033/WP langsung akan mendatangi penduduk di pulau-pulau kecil dan besar di seluruh wilayah Kepualuan Riau, dimana wilayah daratannya hanya 5 % dari luas wilayah, sisanya merupakan lautan. Kepulauan Riau terdiri dari 2.408 pulau besar dan kecil, baik yg sudah berpenduduk  maupun yg belum berpenduduk.

Danrem 033/WP Brigjen TNI Madsuni selaku Pimpinan Umum Ekspedisi menjelaskan bahwa, Ekspedisi Gurindam Sakti Korem 033/WP Tahun 2016 merupakan sebagai wahana untuk melatih Prajurit Korem 033/WP bersama elemen masyarakat lainnya. Tim Ekspedisi Gurindam Sakti Korem 033/WP akan melaksanakan kegiatan selama satu Bulan dan akan  mendatangi Pulau-Pulau wilayah Kepulauan Riau di antaranya di wilayah Bintan yaitu Pulau Penyengat, Pulau Numbing, Gunung Bintan, Pulau Daik, Pulau Benan, Pulau Berhala, Pulau Dabo, Pulau Pekajang. Di wilayah Batam yaitu Pulau Galang, Pulau Buluh, Pulau Bulang Lintang, Pulau Sambu, Pulau Kasu, Pulau Terong, Pulau Nipah dan Di wilayah TBK yaitu Pulau Papan, Pulau Parit, Pulau Kundur, Pulau Ngal, Pulau Iyu Kecil, Pulau Karimun Kecil, Pulau Gunung Jantan, serta di wilayah Natuna yaitu Pulau Sedanau, Pulau Midai, Pulau Serasan, Pulau Ranai, Pulau Laut. Disamping itu dihadapkan dengan kegiatan ekspedisi, maka wilayah Kepulauan Riau  secara geografis memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dengan wilayah lainnya, sehingga memiliki potensi kerawanan dalam aspek pertahanan dan keamanan di wilayah.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Gubernur Kepri, unsur FKPD Prov Kepri, Kapolda Kepri, Danlantamal IV TPI Kepri, Danlanud TPI Kepri, Kepala Basarnas Kepri, Kepala BPBD Kepri, Kepala Kanwil Kemenag Kepri, Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji dan Walikota beserta unsur FKPD Kota Tanjungpinang, Ketua FKPPI dan Ketua PPM Kepri.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam I/BB Berangkatkan Tim Ekspedesi Gurindam Sakti Korem 033/WP