TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam V/ Brawijaya Hadiri Forum Silahturahmi Pecinta Sepak Bola Jatim

By 03 Mar 2016 09:00Kodam V/Brawijaya
DSC_5860

            Surabaya,- Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) V/Brawijaya Mayjen TNI Sumardi menghadiri Forum Silaturahmi Pecinta Sepak Bola di Wilayah Jawa Timur, bertempat di Gedung Mahameru Polda Jatim, Jalan Achmad Yani No. 116 Surabaya, Rabu 2 Maret 2016

Dalam sambutannya Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Sumardi mengatakan, “dengan digelar forum komunikasi ini merupakan bagian dari upaya bersama untuk memajukan olahraga sepak bola baik sebagai olahraga rakyat maupun sebagai olahraga yang dikelola secara profesional.  Disamping itu sebagai komitmen bersama untuk menggelorakan kembali gairah sepak bola di Jatim dan Indonesia umumnya, ditengah berbagai masalah yang dihadapi persepakbolaan nasional, baik dari aspek manajemen, tata kelola organisasi, maupun aspek-aspek sosial ekonomi yang terkait dalam dunia sepak bola,” kata Pangdam.

Salah satu olahraga yang diminati, digemari dan sangat merakyat di Indonesia adalah olahraga sepak bola. Dimana setiap gelaran turnamen sepak bola akan menjadi magnet tersendiri bagi semua kalangan untuk hadir dan menyaksikan jalannya pertandingan. Banyak suppoter atau pecinta sepak bola hadir untuk mendukung tim kesayangannya dalam setiap pertandingan, tidak pandang bulu apakah itu wanita, anak-anak sampai orang dewasa dan orang tua juga ikut meramaikan tribun penonton. Ini mengindikasikan bahwa olahraga sepak bola sangat digemari oleh semua kalangan.

Lebih lanjut Pangdam mengatakan, begitu merakyatnya olahraga ini, tentu semua yang hadir dalam forum ini sepakat dan menyetujui apabila olahraga ini terus digiatkan dan menjadi bagian dari sistem pembinaan olahraga berjenjang dan berkesinambungan. Ini penting karena selain sebagai sarana hiburan atau tontonan menarik, juga bisa menjadi perekat persatuan dan kesatuan, tanpa melihat latar belakang etnis, suku, budaya dan agama.  Olahraga sepak bola, juga merupakan media yang dapat menumbuhkan rasa kebersamaan, nilai-nilai sportifitas dan semangat nasionalisme. Rasa kebersamaan itu akan tumbuh karena sesama pemain dalam satu tim harus solid, bersama-sama menjalankan strategi dan memiliki tujuan yang sama yaitu mencetak gol dan meraih kemenangan.

Dalam upaya membangkitkan semangat nasionalisme, sepak bola sudah terbukti efektif karena hanya dalam turnamen-turnamen sepak bola sekarang ini kita menyaksikan ratusan ribu orang bisa menyanyikan bersama lagu kebangsaan Indonesia Raya dan mengibarkan bendera merah putih dalam ukuran besar. Kecintaan kepada bangsa, terlihat jelas dalam berbagai pertandingan.

Diakhir amanatnya Pangdam berharap, pada semua yang hadir disini sepakat apabila olahraga sepak bola ini dijadikan sebagai salah satu media dalam rangka mempersatukan atau sebagai perekat anak bangsa. Tidak boleh terkotak-kotak, bahkan sampai terjadi perselisihan akibat pandangan sempit baik dari insan pengelola dan pelaku sepak bola maupun dari para suporter atau pendukung tim karena fanatisme yang berlebihan. Sepak bola nasional sejatinya harus menjadi olahraga yang menghibur dan berprestasi baik di level nasional bahkan internasional, sekaligus membawa dampak sosial ekonomi yang menguntungkan bagi rakyat banyak.

Di forum ini Pangdam juga mengajak semua yang hadir untuk melakukan upaya-upaya terpadu sesuai bidang tugas kita masing-masing untuk berupaya menggiatkan kembali olahraga sepak bola, yang lebih baik, lebih tertata, lebih professional dan lebih berprestasi.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam V/ Brawijaya Hadiri Forum Silahturahmi Pecinta Sepak Bola Jatim