TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pembuatan Jalur Pipa Air Bersih

By 11 Mar 2016 19:28Puspen TNI
pipa

(Puspen TNI. Jumat, 11 Maret 2016). Tim Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat 2016 Subkorwil-3/Sorong Selatan dan Maybrat bidang Pengabdian Masyarakat ikut serta dalam pemasangan pipa air bersih sepanjang 1.500 meter di Distrik Konda Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat, Kamis (10/3/2016).

Distrik Konda adalah suatu wilayah yang meliputi dua kampung didalamnya, Kampung Konda dan Kampung Wamargege yang keduanya saling berdekatan dengan jumlah penduduknya sekitar 700 Kepala Keluarga. Sulitnya air bersih di dua Kampung tersebut dikarenakan kondisi geografis Kampung ini yang berada di pesisir pantai.

Tahun 2015 Pemerintah Daerah setempat membangun satu bak air dengan volume penampungan sekitar 10 ribu liter, dimana tiga titik mata air terhubung ke dalam bak penampungan ini, karena jarak dan kondisi saluran air yang kurang baik membuat hambatan bagi masyarakat untuk menikmati air bersih. Bagi masyarakat mempunyai kendaraan bisa lebih mudah mengangkut air bersih, tetapi mayoritas mereka harus mengangkut air berjalan kaki sejauh 2 hingga 3 kilometer demi mendapatkan air bersih.

Mayor Inf. Effendi M.S selaku Dansubkorwil-3/Sorong Selatan dan Maybrat mulai bergerak bersama Tim Pengabdian Masyarakat dibantu masyarakat lokal untuk membuat jalur pipa air bersih. “Air bersih merupakan akar rumput kelangsungan hidup seseorang, ini adalah kontribusi nyata Tim Ekspedisi NKRI Subkorwil-3/Sorong Selatan dan Maybrat dalam membantu program pemerintah untuk masyarakat indonesia yang lebih sehat dan lebih baik, semoga dalam waktu dekat  kedua kampung ini bisa menikmati air bersih,” ujarnya.

“Antusiasme masyarakat Kampung Konda dan Kampung Wamargege sangat luar biasa sekali terhadap kegiatan ini, sehingga tidak ada hambatan yang berarti dalam proses pemasangan pipa,” pungkas Mayor Inf. Effendi M.S

Sementara itu, Robert Asaru salah satu warga masyarakat Kampung Konda menyampaikan bahwa, kami senang dan menyambut positif kegiatan yang digagas Tim Ekspedisi NKRI ini, hadirnya tim ekspedisi bisa mengobati permasalahan kami menikmati air bersih.

Setelah kegiatan pemasangan pipa air bersih ini selesai, rencananya akan diadakan peresmian yang akan dihadiri oleh jajaran SKPD Kabupaten Sorong Selatan.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pembuatan Jalur Pipa Air Bersih