TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Peringati HUT Kostrad ke-55, Yonif Raider 509 Kostrad Gelar Operasi Simpatik Di Papua

By 07 Mar 2016 14:01Kostrad
509

Puncak Jaya, Papua. Dalam rangka memperingati Hari Jadi Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) yang ke-55, yang jatuh pada tanggal 6 Maret 2016, Satgas Pamrahwan (Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan) Papua dari Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 509 Kostrad dibawah pimpinan Mayor Inf Beny Setiyanto selaku Komandan Batalyon (Danyon) sekaligus Komandan Satgas (Dansatgas) menggelar Operasi Simpatik di wilayah Propinsi Papua dan Papua Barat. Menurut Danyon, kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya untuk merebut hati dan simpati rakyat sebagai wujud pengaplikasian program Serbuan Teritorial yang telah dicanangkan oleh Panglima TNI dalam rangka mewujudkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Dalam rangkaian kegiatan Operasi Simpatik yang digelar Satgas Pamrahwan Papua dan Papua Barat Yonif Raider 509 Kostrad dari tanggal 2 sampai 6 Maret 2016 ini dilaksanakan berbagai kegiatan kemanusiaan mulai dari pemberian bantuan sembako dan bibit tanaman, pembagian alat tulis serta biskuit dan makanan ringan kepada siswa sekolah sampai dengan pengobatan massal.

Khusus wilayah Puncak Jaya, Rangkaian Kegiatan Operasi Simpatik memperingati HUT Kostrad ke-55 dibuka langsung oleh Dansatgas Mayor Inf Beny Setiyanto pada tanggal 2 Maret 2016 yang dilanjutkan dengan Pembagian Sembako yang diberikan kapada masyarakat disekitar Pos Kotis Satgas Yonif Raider 509 Kostrad yang diserahkan langsung secara simbolis oleh Danyon kepada perwakilan masyarakat didampingi oleh Pasi Intel Satgas Lettu Inf Sujito. Melalui pemberian bantuan sembako ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokok mengingat harga sembako yang sangat tinggi di wilayah Puncak Jaya.

Hari berikutnya dilaksanakan pembagian biskuit dan makanan ringan di SD Inpers Mulia dan Anak-anak di sekitar Sekolah Alkitab Mulia. Dalam kegiatan ini, mewakili Komandan Batalyon pembagian biskuit dan makanan ringan diserahkan oleh Perwira Topografi Satgas Lettu Ctp Yudhi Prayitno. Dihari yang sama pada tanggal 3 Maret 2016, Yonif Raider 509 Kostrad melanjutkan kegiatan Operasi Simpatiknya dengan melaksanakan pembagian atat tulis menulis untuk siswa SDN 1 Mulia dimana penyerahannya diwakili oleh Perwira Hukum Satgas Kapten Chk Stevanus Piay. Melalui pembagian biskuit dan makanan ringan serta pembagian alat tulis di sekolah ini diharapkan dapat menumbuhkan citra TNI yang bersahabat kepada anak-anak serta dapat meningkatkan minat dan semangat anak-anak untuk belajar dan datang ke sekolah karena masih banyak siswa yang jarang datang ke sekolah.

Melanjukan gelar Operasi Simpatiknya, Yonif Raider 509 Kostrad melaksanakan kegiatan Pengobatan Massal kepada warga di wilayah Sekolah Alkitab Mulia yang di buka oleh Dansatgas Yonif Raider 509 Kostrad Mayor Inf Beny Setiyanto tanggal 4 Maret 2016. Pelaksanaan pengobatan Massal dipimpin langsung oleh dokter Satgas Lettu Ckm dr. Arnov Lahira Eriskan dibantu oleh dr. Fahri dan dr. Ika dari Rumah Sakit Mulia. Pengobatan massal ini ditujukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Papua dan upaya territorial dari Satgas Pamrahwan Yonif 509/R. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, tidak kurang dari 450 pasien dari berbagai usia datang untuk mendapatkan pemeriksaan serta pengobatan gratis dari Tim Kesehatan. “Satgas akan memberdayakan semaksimal mungkin tenaga kesehatan dan obat-obatan yang dimiliki untuk membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat disini”, kata Dansatgas Yonif Raider 509 Kostrad. Menurut Dokter Satgas, “Sebagian besar penyakit yang diderita oleh masyarakat adalah ISPA (infeksi Saluran Pernafasan), nyeri pada persendian, nyeri kepala, demam, gatal-gatal serta luka-luka dan sebagian besar masyarakat masih kurang tingkat kesadarannya akan pentingnya hygienitas diri dan sanitasi lingkungan, sehingga mereka mudah untuk terkena penyakit”.

Keesokan harinya tanggal 5 Maret 2016, kegiatan dilanjutkan dengan melaksanakan kegiatan penyuluhan pertanian dan praktek bercocok tanam bagi siswa SDN 1 Mulia. Penyuluhan pertanian dan praktek bercocok tanam ini dilaksanakan oleh Tim Penyuluhan Pertanian Satgas Yonif Raider 509 Kostrad dibawah pimpinan Lettu Inf Sujito dibantu oleh Sertu Kasmirudin. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan kesadaran kepada siswa sekolah akan pentingnya Swasembada Pangan sejak usia dini. “Dengan memberikan penyuluhan pertanian bagi siswa sejak dini diharapkan dapat melahirkan kader-kader pertanian yang di masa mendatang akan menjadi motor dalam menggerakkan masyarakat dalam menyukseskan program Swasembada Pangan di Kabupaten Puncak Jaya,” tegas Dansatgas. Sore harinya, personel Satgas Yonif Raider 509 Kostrad melaksanakan kegiatan karya bakti pembersihan lingkungan Gereja Katolik Santu Petrus Mulia.

Menutup kegiatan Operasi Simpatiknya di Puncak Jaya, pada tanggal 6 Maret 2016, Satgas Yonif Raider 509 Kostrad melanjutkan kegiatan karya baktinya di lingkungan Mesjid Al Mujahiddin Kota Lama, Mulia. Dalam kegiatan ini dilaksanakan pembersihan Mesjid sekaligus membantu perbaikan jembatan Masjid. Kegiatan Karya Bakti yang dilaksanakan selama 2 hari tersebut, dikoordinir langsung oleh Pasi Ops Satgas Lettu Inf Sandya Dika Kalantaka.

“Tidak hanya di wilayah Puncak Jaya, kegiatan Operasi Simpatik ini kami gelar secara serempak di seluruh wilayah penugasan Yonif Raider 509 Kostrad di Propinsi Papua dan Papua Barat mulai dari wilayah Sorong, Manokwari sampai dengan Enarotali,” jelas Danyon. “Sejumlah kegiatan yang kita laksanakan tersebut bukan cuma seremonial belaka, namun melalui momen HUT ke-55 Kostrad ini kami selaku anggota TNI khususnya Prajurit Kostrad ingin terus berbaur bersama di kalangan masyarakat, kami berharap TNI bisa merakyat sebab TNI adalah tentara rakyat yang berasal dari dan untuk Rakyat,” Jelas Dansatgas. Ditambahkan Danyon, bahwa tugas TNI bukan semata mata menjaga keutuhan NKRI, tetapi juga melakukan pembinaan kepada masyarakat, sehingga kehadiran TNI Khususnya Yonif Raider 509 Kostrad di wilayah penugasan Papua dan Papua Barat dapat benar-benar dirasakan oleh masyarakat. “Kepada seluruh prajurit Kostrad, Saya mengucapkan Selamat Hari Jadi yang ke-55, semoga Kostrad semakin jaya, CAKRA…!,” tutup Mayor Inf Beny.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam IX/Udayana Kodam I/Bukit Barisan Kodam XVI/Patimura Kodam II/Sriwijaya Kostrad Artikel Tips Kesehatan Puspen TNI
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Peringati HUT Kostrad ke-55, Yonif Raider 509 Kostrad Gelar Operasi Simpatik Di Papua