TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Perwira Siswa Sekkau Angkatan 99 Kunjungi Korem 161/Wira Sakti

By 17 Mar 2016 14:46Kodam IX/Udayana
sekau

Sejumlah 62 personel dari Sekolah Komando Kesatuan TNI Angkatan Udara (SEKKAU TNI AU) mengunjungi Korem 161/Wira Sakti, Kamis Pagi (17/3) dalam rangka Kegiatan Kuliah Kerja bagi Para Perwira Siswa Sekkau Angkatan 99 di wilayah Korem 161/Wira Sakti, Nusa Tenggara Timur.

Kedatangan rombongan Siswa Sekkau TNI AU yang dipimpin langsung oleh Komandan Sekkau, Kolonel Pnb Ir.  Joko Sugeng Sriyanto. M. Sc., di Makorem 161/Wira Sakti disambut oleh Kasrem 161/Wira Sakti, Kolonel Inf Gregorius Suharso, yang mewakili Danrem beserta Para Kasi Korem 161/Wira Sakti.

Dalam sambutan Danrem, yang dibacakan oleh Kasrem 161/Wira Sakti, menyampaikan ucapan selamat datang kepada rombongan di wilayah Korem 161/Wira Sakti, yang telah memilih  wilayah Nusa Tenggara Timur sebagai tempat pelaksanaan Kegiatan Kuliah Kerja bagi Siswa Sekkau Angkatan 99 ini.

Danrem pada kesempatan ini menyampaikan secara garis besar apa yang menjadi Tiga Tugas Pokok Utama dari  Korem 161/Wira Sakti, yang antara lain, sebagai Satuan Komando Kewilayahan, Satuan Komando Pelaksana Operasi Pengamanan Perbatasan dan sebagai Satuan Komando Pelaksana Operasi Pengamanan Pulau Terluar.

Selanjutnya di akhir penyampaiannya, Danrem berharap kepada seluruh Siswa Sekkau peserta kegiatan kuliah kerja ini untuk dapat mengikuti kegiatan ini secara sungguh-sungguh sehingga mendapatkan bahan masukan dan kontribusi yang baik serta memadai sebagai bahan pendidikan dan pengetahuan bagi para siswa yang akan direncanakan menyelesaikan pendidikan pada bulan Juni yang akan datang.

Sementara itu Komandan Sekkau, Kolonel Pnb. Ir. Joko Sugeng Sriyanto, M.Sc., menyampaikan terima kasihnya dapat hadir bersama rombongan di Makorem 161/Wira Sakti, yang merupakan salah satu Korem Perbatasan yang berstatus bintang satu yang menjaga wilayah NKRI yang berbatasan dengan dua negara yaitu RDTL dan Australia.

Dijelaskan oleh Komandan Sekkau, bahwa rombongan Kuliah Kerja ini seluruhnya berjumlah 124 orang dan yang berkunjung ke Korem 161/Wira Sakti berjumlah 62 orang, sisanya Kelompok II melakukan kegiatan serupa di Lantamal VII Kupang.

Adapun maksud dari Kegiatan Kuliah Kerja ini adalah untuk melaksanakan kurikulum pendidikan Sekkau yaitu kuliah kerja dengan mengunjungi beberapa obyek, salah satunya adalah Korem 161/Wira Sakti. Adapun tujuannya adalah untuk mengumpulkan data yang terkait dengan tema kegiatan kuliah ini, yaitu, “Peningkatan Kemampuan Pangkalan TNI AU Di Daerah Perbatasan Guna Menjaga Kedaulatan Wilayah Udara Nasional”. Dengan tema ini dimaksudkan bahwa wilayah udara nasional Indonesia memiliki keunggulan sekaligus juga kerawanan ancaman dari bangsa lain yang ingin memanfaatkan wilayah udara nasional kita baik untuk kepentingan ekonomi maupun tujuan militer. Salah satu kontigensi tersebut adalah wilayah Indonesia bagian timur karena terdapat obyek vital, Alur Laut kepulauan Indonesia atau ALKI yang merupakan daerah yang berbatasan dengan negara lain. NTT sebagai wilayah NKRI berbatasan langsung dengan negara RDTL dan Australia. Tentunya hal ini menjadi tantangan yang harus dihadapi dengan tindakan aksi nyata dalam melakukan pengamanan teritorial, tegas alumni Akademi Angkatan Udara Tahun 1991 ini.

Acara yang berlangsung selama satu jam tersebut diakhiri dengan pertukaran cindera mata yang masing-masing diserahkan oleh Kasrem 161/Wira Sakti, Komandan Sekkau dan Perwakilan Perwira Siswa serta diakhiri kegiatan ramah tamah di lantai dasar M3F  Makorem 161/Wira Sakti.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Perwira Siswa Sekkau Angkatan 99 Kunjungi Korem 161/Wira Sakti