TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pos Ramil Bonorowo Bersama Warga Bersihkan Eceng Gondok

ec

Sejumlah anggota Pos Koramil Bonorowo Kodim 0709/Kebumen terjun langsung ke sungai rowo guna membersihkan tumpukan eceng gondok yang kian tumbuh subur dipermukaan sungai, Selasa (22/3/16).

Kegiatan yang diprakarsai Kapos Ramil Pelda Tupari ini, mendapat respon warga, buktinya sejumlah warga dan beberapa orang pelajar sekolah turut ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Kapos Koramil Bonorowo Pelda Tupari mengatakan, “Sungai ini sebetulnya telah kita bersihkan pada beberapa waktu yang lalu bersama Dandim 0709/Kebumen dan masyarakat, namun sifat tumbuhan kian hari kian berkembang, maka tidak kita pungkiri akan tumbuh dengan cepat, sehingga perlu penanganan ektra, terkait hal ini Pos Koramil Bonorowo akan senantiasa memantau perkembangan tumbuhan tersebut agar tidak berdampak negatif bagi kehidupan warga setempat, sebab pada tahun 2013 sempat menjadikan Desa Mrentul ini menjadi kawasan banjir oleh luapan sungai karena aliran pembuangan di ujung kampung tertutup oleh eceng gondok, katanya.

Sebagai solusinya, tidak ada jalan lain kecuali dengan memberikan ruang bagi gerakan kebersihan lingkungan seperti yang hari ini dilaksanakan dan disertai dengan upaya-upaya untuk mencegah timbulnya bencana seperti banjir.

“Pelaksanaan kegiatan karya bakti pembersihan sungai dari eceng gondok ini seiring dengan Progam Gerakan Nasional Indonesia Bersih (GNIB) hal ini dipilih Pos Koramil Bonorowo karena sesuai dengan tema tersebut, imbuh Tupari. (Pard).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pos Ramil Bonorowo Bersama Warga Bersihkan Eceng Gondok