TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Prajurit Kodim Bangka Diuji Keterampilanya

By 10 Mar 2016 09:51Kodam II/Sriwijaya
utp100316

 

Pangkalpinang  (Penrem 045/Gaya)

 Satuan  Kodim 0413 Bangka sedang menggelar latihan uji tampil perorangan (UTP) dalam rangka meningkatkan kemampuan prajurit secara perorangan  yang dilaksanakan selam dua hari tanggal  7 sampai dengan 8 Maret 2016 ini, Selasa 8/03/2016  di Makodim komplek ini  yang diikuti oleh 257 orang prajurit. dan 28 Kolat dan Pelatih.

Dalam kegiatan ini dilawali dengan upacara pembukaan latihan UTP dan bertindak sebagai Inspektur Upacara Kasdim 0413 Bangka Mayor Arh Tiyoso.

Tujuan dari latihan UTP ini dilaksanakan supaya semua Prajurit Kodim mampu melaksanakan tugas keterampilan secara umum maupun  dengan tingkat jabatannya masing-masing dengan sasaran kuantitatif semua personil yang berpangkat Bintara dan Tamtama yang bertugas di Staf maupun di Koramil.

Untuk sasaran kualitatif bagi Prajurit yang berpangkat Bintara yaitu terpelihara dan meningkatnya kemampuan teknis dan taktis dibidang pengetahuan umum dan keterampilan sesuai dengan struktur jabatan Militer (SJM) di Kodim ini.

Khusus prajurit yang berpangkat Bintara keatas di harapkan dengan latihan ini mempunyai kemampuan dan keterampilan sebagai pelatih/instruktur.

Sedangkan sasaran kualitatif untuk prajurit yang berpangkat Tamtama terpelihara dan meningkatnya kemampuan teknis dan taktis sesuai dengan SJM golongan Tamtama dengan menguasai tentang sikap Teritorial dan lima kemampuan Teritorial selaku insan teritorial.

Materi yang diujikan kepada Bintara yang berpangkat Sersan Dua dan Sersan Satu yaitu spesialisasi Intel Teritorial, spesialisasi ketatalaksanaan pembinaan teritorial, spesialisasi pembinaan pertahanan wilayah, spesialisasi pembinaan perlawanan rakyat dan spesialisasi Komunikasi sosial serta spesialisasi bakti TNI, membuat tabulasi data, mengklasifikasi wilayah.

Bagi prajurit yang berpangkat Tamtama materi yang diujikan yaitu sikap teritorial dan lima kemampuan teritorial dengan standar kemampuan memahami tentang lima kemampuan teritorial.

Sikap Teritorial meliputi kemampuan menjelaskan sikap prajurit yang Sapta Margais dan Sumpah Prajurit serta delapan wajib TNI.

Sementara lima kemampuan teritorial mempunyai kemampuan menjelaskan dan memberi contoh tentang informasi dan melaporkan dengan cepat, menyelami kehidupan masyarakat disekitarnya.

Selanjutnya menghubungi, mempengaruhi serta mengajak masyarakat yang ada disekitarnya juga mampu mencari data geografi, demografi dan kondisi sosial dari mass media serta bisa melatih pelaksanaan upacara bendera kepada masyarakat diwilayah binaannya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Prajurit Kodim Bangka Diuji Keterampilanya