TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Prajurit Makorem Salatiga Netral Dalam Pilkada

By 16 Mar 2016 14:52Kodam IV/Diponegoro
netralitas

Salatiga (16/3), Diawali dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya. Kasrem 073/Mkt Letkol Inf Agustinus Sinaga membuka kegiatan “Sosialisasi Netralitas TNI dalam Pemilu/Pilkada Korem 073/Makutarama Triwulan I TA. 2016” di aula Makorem jl Diponegoro No 28 Salatiga.

Letkol Inf Agustinus Sinaga sebelumnya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Ibu Dra. Putnawati, M.Si Ketua KPU Kota Salatiga, yang telah meluangkan waktu untuk menyampaikan materi sosialisasi Netralitas TNI dalam Pemilu/Pilkada di Korem 073/Makutarama.

Kasrem 073/Makutarama mengatakan sesuai UU RI NO 34 Tahun 2004 tentang TNI, dalam pasal 2 pada huruf d, ditegaskan bahwa Tentara Profesional yaitu Tentara yang terlatih, terdidik, dilengkapi secara baik, tidak berpolitik praktis, tidak berbisnis, dan dijamin kesejahteraannya, serta mengikuti kebijakan politik negara yang menganut prinsip demokrasi, supremasi sipil, hak asasi manusia, ketentuan hukum nasional dan hukum internasional yang telah diratifikasi.

Salah satu aspek penting dalam menjamin komitmen TNI yang tidak berpolitik praktis ialah sikap Netralitas TNI, yaitu sikap yang lebih mengedepankan kepentingan bangsa dan negara yang lebih luas dibanding dengan sikap mendukung pada suatu kepentingan kelompok atau golongan tertentu dalam Pemilu/Pilkada. Mengingat arti pentingnya sikap Netralitas TNI bagi profesionalisme prajurit dan soliditas satuan, maka dalam pelaksanaannya setiap prajurit TNI wajib menunjukkan sikap yang tidak memihak dan tidak memberikan dukungan kepada salah satu kontestan peserta Pemilu/Pilkada. Sehingga konsistensi institusi TNI beserta seluruh prajurit dalam menjaga netralitasnya dapat terwujud dan terpelihara.

Hadir dalam kegiatan ini adalah, Para Kasi serta Dan/Ka Satdisjan jajaran Korem 073/Makutarama, Ketua KPU Kota Salatiga, Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, perwakilan mahasiswa IAIN dan STIKOM. ( Penrem 073/Mkt )

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Prajurit Makorem Salatiga Netral Dalam Pilkada