TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Prajurit TNI Melaksanakan Latihan Gabungan Di Tarakan

By 31 Mar 2016 15:45Kodam VI/Mulawarman
20160331d
Balikpapan, (31/03)  Gabungan prajurit jajaran TNI (Angkatan Darat, Laut, Udara)  saat ini sedang melaksanakan Latihan Gabungan Passus PPRC TNI yang berlangsung di Tarakan Prov. Kaltara sejak satu minggu yang lalu hingga sekarang, Kamis 31 Maret 2016. Tarakan dipilih sebagai lokasi latihan gabungan pasukan pemukul reaksi cepat (PPRC) TNI, karena letaknya yang berada di perbatasan negara.
Latihan Gabungan Passus PPRC TNI tersebut digelar dalam rangka Pengamanan Obyek vital Nasional (Obvitnas) kilang minyak di wilayah Tarakan Kaltara dari  gangguan dan ancaman,  latihan gabungan ini setiap tahun dilaksanakan oleh Mabes TNI.
Kodam VI/Mlw selaku Satkowil mendukung  terselenggaranya Latihan Gabungan Passus PPRC TNI yang berlangsung di Tarakan tersebut dengan memberikan dukungan berupa administrasi, logistik, Intelijen, Teritorial maupun perkuatan Satpur dan Banpur yang dibutuhkan  sesuai arahan dalam direktif  Mabes TNI.
Sementara itu Kapendam VI/Mlw Kolonel Andi menyampaikan bahwa dalam latihan itu, dibentuk satuan TNI, baik Kostrad, Kopassus, TNI AL dan TNI AU, termasuk Gugus Tempur Armada Kawasan Timur (Guspuraltim), yang terintegrasi dalam satu paket latihan.
Menyikapi  isu sebelumnya tentang pengerahan pasukan di wilayah Tarakan untuk pembebasan sandera 10 WNI yang dilakukan oleh pemberontak Abu Sayyap “Terlalu jauh kalau soal itu (kedatangan personel TNI untuk operasi pembebasan sandera). Itu masih ranahnya pemerintah, untuk melakukan negosiasi. ujar Andi.
“Di Tarakan ada kilang minyak yang merupakan obyek vital Nasional yang harus dijaga dan diamankan yang merupakan peninggalan zaman kolonial dan Itu masih produksi dan memberi revenue kepada negara. Perlu ada pengamanan tersendiri, istilahnya uji protap dari ancaman teror. Kalau produksi terganggu, maka APBN terganggu dan Itu berpengaruh ke hajat hidup orang banyak,” lanjut Andi.
Dengan latihan itu diharapkan jika ada ancaman di wilayah Tarakan, TNI sudah dipastikan siap mulai dari pola pengamanan hingga mengatasi gangguan di Tarakan dalam operasi gabungan darat, laut dan udara.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam Iskandar Muda Kodam XVI/Patimura PORAD Kodam V/Brawijaya Kodam Jaya Puspen TNI Kodam IX/Udayana Kodam XII/Tanjungpura Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Prajurit TNI Melaksanakan Latihan Gabungan Di Tarakan