TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Satgas Yonarmed 11 Kostrad gelar lomba gerak jalan di perbatasan RI-RDTL

By 22 Mar 2016 08:49Kostrad
yon armed 11 kostrad gelar lomba gerak jalan 22-3-16

(Kostrad. Malaka, 22 Maret 2016). Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas-Pamtas) RI–RDTL Batalyon Armed 11 Kostrad di Motamasin perbatasan Kabupaten Malaka (RI) dan Distric Suai (Timor Leste), mengelar lomba gerak jalan antar pelajar SMP yang ada di wilayah perbatasan.

Lomba gerak jalan yang diselanggrakan Yonarmed 11 Kostrad ini bertujuan untuk melatih dan membina para pelajar sejak dini dalam meningkatkan nilai-nilai kedisiplinan, loyalitas dan kekompakan diantara sesama. Sebab saat ini tingkat kedisiplinan dikalangan generasi muda sudah mulai menurun, termasuk loyalitas maupun kekompakan antara sesama.

Wakil Komandan (Wadan) Batalyon Armed 11 Kostrad, Mayor Arm. Arief Budiman mengemukakan, lomba diikuti pelajar dari tujuh SMP yang ada disepanjang wilayah perbatasan.

“Jarang generasi muda sekarang disiplin. Yang sederhana saja, disiplin dengan waktu, waktu belajar, waktu bermain. Nah, melalui kegiatan ini kita terapkan dan kita tempa mereka dengan disiplin. Mudah-mudahan dengan usia dini seperti anak-anak SMP ini, nilai-nilai itu akan terus terpelihara dan mereka ini bisa menjadi duta-duta bagi generasi muda lainnya untuk berdisiplin, loyal termasuk kekompakan,” ungkap Mayor Arm. Arief Budiman.

Menurut Mayor Arm. Arief Budiman, kegiatan tersebut merupakan bagian dari penugasannya selain sebagai pasukan pengamanan perbatasan antarnegara, pihaknya juga melakukan kegiatan pembinaan kemasyarakatan diwilayah perbatasan. Termasuk menggelar kegiatan pembinaan wawasan kebangsaan dan nilai-nilai kedisiplinan bagi anak didik diwilayah perbatasan.

Dalam kegiatan tersebut yang keluar sebagai juara diberikan hadiah dan uang pembinaan. Ia berharap dari kegiatan tersebut para pelajar lebih giat lagi untuk berlatih dan terus menjalankan nilai-nilai kedisiplinan yang sudah dibimbing oleh para pembina yang berasal dari anggota Batalyon Armed 11 Kostrad itu.

“Intinya, untuk melatih para pelajar agar kompak dan tahu tentang baris berbaris. Selain kegiatan itu kami juga akan menggelar kegitan Pramuka untuk terus mengembangkan wawasan kebangsaan dan menumbuhkan jiwa nasionalisme didaerah perbatasan negara,” ujarnya.

Kegiatan lomba gerak jalan yang berlangsung sehari dan dipusatkan di pos Satgas Pamtas RI-RDTL di Motamasin Kecamatan Kobalima itu mendapat antusias dari masyarakat perbatasan. Sejak pagi mereka berdatangan dan memadati tempat kegiatan untuk menyaksikan secara langsung kegiatan yang diprakarsai oleh pasukan perbatasan RI-RDTL Batalyon Armed 11 Kostrad.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam XII/Tanjungpura Kodam Iskandar Muda Kodam V/Brawijaya Kodam XVI/Patimura Tips Kesehatan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Satgas Yonarmed 11 Kostrad gelar lomba gerak jalan di perbatasan RI-RDTL